Pemko Pariaman Adakan Sayembara TTG Tahun 2022

0
443

PadangTIME.com – Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kota Pariaman, menyelenggarakan Sayembara Merancang Alat Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2022.

TTG adalah tekhnologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan, yang terdapat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2010.

Untuk sayembara atau lomba TTG ini bisa di ikuti oleh peserta dari kalangan masyarakat umum dan juga pelajar, yang berdomisili di Kota Pariaman dibuktikan dengan KTP. Untuk peserta dari Kelompok Masyarakat (POKMAS) adalah mereka yang berada dan beraktifitas dalam daerah Kota Pariaman, sedangkan untuk kategori pelajar mereka boleh ikut mewakili sekolahnya yang berada dalam daerah Kota Pariaman.

Kriteria alat yang dilombakan dalam sayembara tersebut adalah, berupa Karya inovasi teknologi harus asli dan orisinil serta dapat dipertanggungjawabkan, Karya bisa merupakan pengembangan atau perbaikan dari produk yang telah ada, Karya merupakan hasil rancangan/rekayasa dari peserta sendiri, Karya merupakan alat TTG yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan potensi daerah Kota Pariaman dapat secara mudah dan murah serta tidak memerlukan teknologi tinggi (rumit).

Karya inovasi mempunyai dampak terhadap pembangunan ekonomi, dan berdampak terhadap pembangunan kerakyatan serta pemanfaatan SDA lokal, Karya mempunyai potensi komersialisasi ataupun dapat diaplikasikan pada industri kecil dan menengah/mempunyai potensi dilakukan research lanjutan, Karya Inovasi Ramah lingkungan, dan karya harus dilengkapi dengan spesifikasi teknis antara bahan yang dibutuhkan, cara pemanfaatan, dan prospek pengembangan alat.

Sedangkan untuk persyaratan lomba atau sayembara TTG tersebut adalah dengan cara mengisi formulir pendaftaran yang bisa diperoleh di Sekretariat Panitia bertempat di Kantor DPMDes Kota Pariaman. Pendaftaran dibuka mulai dari tanggal 11 Februari s/d 11 Maret 2022 (hari dan jam kerja), dengan melampirkan foto ukuran 3 x 4 (1 lembar).

Menyerahkan makalah rancangan alat-alat TTG peserta & Spek Teknis ke Sekretariat daerah paling lambat 18 Maret 2022. Bagi Peserta yang masuk nominasi finalis akan dipanggil untuk melakukan presentasi hasil karyanya pada tim penilai pada tanggal 23 Maret 2022. Untuk Tim penilai berasal dari Perguruan Tinggi Negeri, Balitbang, DPM Provinsi Sumbar, DPMD Kota Pariaman, sedangkan untuk Pengumuman Pemenang akan diumumkan pada tanggal 28 Maret 2022, dengan Keputusan Tim Penilai bersifat mutlak.

Bagi peserta sayembara yang memenangkan lomba akan diberikan hadiah berupa uang senilai Rp. 1 Juta plus tropy untuk Juara I, Juara II Rp.750 Ribu plus Tropy, dan Juara III Rp.600 Ribu plus Tropy.

Bagi masyarakat dan pelajar Kota Pariaman yang berminat untuk mengikuti sayembara merancang alat teknologi tepat guna ini, bisa mendaftar ke Kantor DPMDes Kota Pariaman. Untuk info lebih lanjut anda bisa menghubungi contact person Ratna Juita (0852632226070), dan Yesi Fitria (081374400635). (PT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini