Rektor UNP Prof Ganefri Ph.D: UNP Terapkan Merdeka Belajar Sesuai Filosofi Minang Alam Takambang jadi Guru

0
119
ad

PadangTIME.com- Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri Ph.D menyampaikan orasi ilmiah pada wisuda UNP ke 123 dengan tema “Merdeka Belajar dalam Filosofi Alam Takambang Jadi Guru” di Padang, Sabtu (26/6) di Auditorium UNP.

bebi

“Belajar dengan ‘alam takambang’ akan selalu serasi dan selaras dengan perkembangan karena tidak akan dijumpai apa yang disebut dengan keterikatan, kedaluarsa dan sebagainya,” ucap Rektor, Sabtu.

Ganefri mengatakan prinsip “alam takambang” akan menumbuhkan jiwa kemerdekaan, seseorang hanya patuh pada kebenaran, hormat pada kebaikan, bukan patuh pada siapa-siapa.

Prinsip alam takambang jadi guru telah diterapkan oleh pelopor dan tokoh pendidikan di Sumbar yang menjadikan catatan penting dari sejarah pendidikan di daerah tersebut.

Salah satu tokoh pendidikan di Sumbar yakni Rohana Kudus. Melalui model pendidikan merdeka belajarnya, ia berhasil mendidik dan memberikan keterampilan hidup kaum perempuan di Minangkabau.

Prof. Ganefri, mengatakan kebijakan merdeka belajar, memberikan kemerdekaan kepada setiap unit pendidikan berinovasi. Konsepnya harus menyesuaikan dengan kondisi dimana proses belajar mengajar berjalan, baik dari sisi kearifan lokal, sosio-ekonomi, maupun infrastruktur.

“Esensi merdeka belajar, menggali potensi terbesar para guru sekolah dan peserta didik untuk berinovasi guna meningkatkan pembelajaran secara mandiri,” ujar Prof. Ganefri dalam wisuda hari pertama yang mewisuda 442 orang tamatan UNP, dari 1.381 tamatan yang wisudanya dilaksanakan selama 3 hari.

Disampaikan Prof. Ganefri, dalam program merdeka belajar, peserta didik diberi kebebasan untuk mengakses ilmu, tidak hanya sebatas di ruang kelas, tapi juga bisa di luar kelas. Bisa melalui media online, perpustakaan, termasuk lingkungan sekitar

Prof. Ganefri, menjelaskan prosesi wisuda yang digelar secara luring dan daring ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat.

Peserta yang hadir secara luring sudah melalui proses Rapid Test Antigen di Poliklinik UNP dan dinyatakan bebas COVID-19 dalam waktu 2 x 24 jam.

Prof. Ganefri, menjelaskan dam mendukung program merdeka belajar  dan Kampus merdeka UNP mendapat Pertukaran mahasiswa  ke Luar Negeri UNP mendapat 9 orang mahasiswa untuk belajar ke Luar Negeri selama 6 bulan. dan saat ini ada 1300 mahasisswa  yang di luar UNP  ikut belajar di UNP.

Prof. Ganefri,  mengatakan UNP saat ini menerima formasi CPNS sebanyak 216 orang tenaga Pengajar dengan sarat  lulusan S2. (tisna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here