Wako Pariaman Genius Umar Serahkan Honor Kader KB

0
444

PadangTIME.com –  Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyerahkan honor kepada Kader Keluarga Berencana (KB) di Balairung rumah dinas Walikota Pariaman, Kelurahan Kampung Jawa II, Kecamatan Pariaman Tengah, Rabu siang (29/3/2023).

Kader penerima bantuan ini terdiri dari Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), Sub PPKBD, Bina Keluarga Balita (BKB),  Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL)  dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UP2KA) se Kota Pariaman.

“Kemaren, kita sudah membagikan honor untuk PPKBD, Sub PPKBD dan BKB. Sedangkan untuk hari ini, kita memberikan honor kepada BKR, BKL dan UP2KA, yang masing-masing kader menerima Rp50 ribu/bulan, selama 3 bulan, dari Januari sampai Maret 2023,” ujarnya.

Genius menuturkan, setiap tahunnya Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman, telah menganggarkan Rp. 246.900.000 rupiah, untuk memberikan honor dari para kader KB di Kota Pariaman, ulasnya.

“Jumlah kader KB se Kota Pariaman berjumlah 1.046, dengan rincian untuk 71 orang PPKBD sebesar Rp. 125 ribu/bulan, 164 orang Sub PPKBD sebesar Rp. 75 ribu/bulan, 209 orang BKR sebesar Rp. 50 ribu/bulan, 212 orang BKL sebesar Rp. 50 ribu/bulan dan 98 orang UP2KA juga Rp. 50 ribu/bulan,” tuturnya.

Lebih lanjut Genius mengatakan, memang honor ini yang diterima kader KB ini tidak seberapa dibandingkan dengan tugas ibu-ibu dalam menciptakan keluarga yang berkualitas di Kota Pariaman, ucapnya.

“Kader KB ini adalah para pejuang kemanusian yang ada dilapangan untuk meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, dimana selain pejuang, kader KB juga merupakan ujung tombak dan perpanjangan tangan pemerintah daerah di tingkat desa dan kelurahan,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Pariaman ini juga menjelaskan, agar para kader KB memahami tugas dan tupoksinya di lapangan, sehinga nereka dapat menjalankan peranya dengan baik, sehingga para remaja, lansia dan ibu-ibu yang berusaha untuk meningkatkan pendapatan keluarganya, dapat menjadi contoh yang baik untuk lingkungan dan masyarakatnya.

“Tujuan program Keluarga Berencana, tidak hanya sebatas program dalam rangka mengendalikan jumlah kelahiran saja, namun sejatinya merupakan program untuk merencanakan kehidupan keluarga yang sehat, berkualitas dan mencegah stunting,” tutupnya

Penyerahan honor kader KB ini juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, Ketua BAZNAS Kota Pariaman, Zalman Zaunit, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usahan Kecil Menengah (Perindagkop & UKM), Alyendra beserta jajaran dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit, beserta jajaran DP3AKB Kota Pariaman. (J)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini