Tutup Persipas Cup IX, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Komitmen Sumbar Mengorbitkan Bakat Unggul Pesepakbola

0
213

PadangTIME.com – SIJUNJUNG–Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi konsistensi penyelenggaraan Turnamen Persipas Cup yang memasuki penyelenggaraan ke-9 pada tahun ini. Terlebih, turnamen ini sejalan dengan komitmen Pemprov Sumbar dalam menyokong pengorbitan bakat-bakat unggul pesepakbola dari Sumbar.

Hal itu disampaikan Gubernur Mahyeldi saat menutup secara resmi Open Tournament Persipas IX tingkat provinsi Tahun 2023 di Nagari Padang Sibusuak, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung, Selasa (24/10/2023). Gubernur berharap, turnamen tersebut terus digelar setiap tahun, dan terus memunculkan bakat-bakat unggul pesepakbola asal Sumbar yang dapat berkarir hingga tingkat nasional.

“Turnamen ini sudah berlangsung sembilan kali. Konsistensi ini adalah hal yang sangat luar biasa,” ucap Gubernur Mahyeldi, didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar Maifrizon dan Kabiro Umum Setdaprov Sumbar Syefdinon.

Terselenggaranya iven tahunan hingga sembilan kali, sambung Gubernur, menandakan kuatnya kekompakan dan solidaritas masyarakat Nagari Padang Sibusuak. Hal ini disebut Gubernur sebagai hal yang harus senantiasa dijaga, dirawat, dan diperkuat dari waktu ke waktu oleh seluruh masyarakat nagari.

“Tidak ada yang berat kalau kita kerjakan secara bersama-sama. Turnamen ini buktinya. Semangat kekompakan seperti di Nagari Padang Sibusuak harus terasa juga di seluruh nagari di Sumbar,” ucapnya lagi.

Turnamen sepakbola, katanya lagi, diperlukan untuk menjaring bibit-bibit unggul pesepakbola, sehingga nantinya bisa berkiprah di kancah nasional, sehingga terbuka peluang untuk bergabung dalam skuad Timnas Indonesia. Terlebih, Sijunjung sendiri sudah lama dikenal sebagai salah satu lumbung penghasil bakat-bakat brilian di dunia persepakbolaan nasional.

“Persepakbolaan di Sumbar harus terus bergerak dan berkembang, sejak dari tingkat sekolah dan tingkat kenagarian, lewat hadirnya Sekolah Sepakbola (SSB) dan klub-klub lokal. Pemprov juga akan mewadahi bakat-bakat tersebut lewat turnamen Piala Gubernur. Hal terpenting yang perlu diingat, terus berlatih, bertanding, junjung tinggi sportivitas, dan kepada wasit agar senantiasa adil dalam memimpin pertandingan,” ucap Gubernur menutup.

Di sisi lain, Wali Nagari Padang Sibusuak, Aprizaldi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumbar beserta jajaran, yang mendukung penuh penyelenggaraan Persipas Cup IX. Ia pun menegaskan komitmen masyarakat nagari untuk terus menyelenggarakan iven tahunan tersebut.

“Tahun depan kita gelar dengan lebih baik lagi, demi lahirnya bakat-bakat baru pesepakbola asal Sumbar lewat kompetisi ini,” ucapnya.

Partai puncak Open Tournament Persipas Cup IX sendiri mempertemukan Arkaan FC dengan PS Saiyo. Dua kali interval 45 menit akhirnya memunculkan Arkaan FC sebagai Juara Persipas Cup 2023 lewat kemenangan tipis 1-0 atas PS Saiyo. Animo masyarakat menyaksikan partai puncak begitu tinggi, dengan hadirnya ratusan pasang mata di Stadion Sepakbola Padang Sibusuak. (adpsb/isq)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini