Kolaborasi Dosen-Mahasiswa Statistika UNP: Siapkan Karir dengan Skills Big Data Analytics dan Statistical Thinking

0
207
ads

PadangTIME.com – Departemen Statistika FMIPA Universitas Negeri Padang menyelenggarakan Workshop Bedah Kurikulum dan Kuliah Umum Statistika dengan tema “Big Data Analytics and Statistical Thinking: Prepare for your career”, yang diselenggarakan secara berturut-turut pada hari Senin, 22 Agustus 2022 dan Selasa, 23 Agustus 2022. Workshop dan Kuliah Umum tersebut menghadirkan narasumber yang juga merupakan seorang Dosen University of Leeds, United Kingdom yaitu Dr. Arief Gusnanto (Assoc. Prof Department of Statistics University of Leeds) dengan bidang fokus penelitian beberapa diantaranya Data analytics in medicine, molecular biology, genetics, complex high – dimensional data, linear and generalized linear mixed model (LMM and GLMM) , statistical methods for complex biological and omics data , biostatistical methods , statistical

likelihood inference, dan masih banyak lagi. Kegiatan Workhsop Bedah Kurikulum secara resmi dibuka oleh Bapak Dr. Yulkifli, S.Pd., M.Pd. selaku Dekan FMIPA UNP, beliau mengatakan bahwa kegiatan workshop ini sangat membantu terwujudnya world class university yang sedang dirintis oleh UNP, selain itu beliau juga berharap semua dosen Departemen Statistika FMIPA UNP bisa melakukan kolaborasi penelitian bersama Dr. Arief Gusnanto sehingga dapat meningkatkan indeks scopus dosen. Kegiatan workshop juga di hadiri oleh semua dosen Deparatemen Statistika dan Fitri Amelia, S.Si., M.Si,. P.hD.

selaku Wakil Dekan I FMIPA UNP. Saat kegiatan workshop ini, Dr. Arief Gusnanto banyak memberikan saran untuk kemajuan kurikulum serta beliau juga sharing pengalaman bagaimana membimbing mahasiswa di University of Leeds, bahwa di sana mahasiswa sudah terbiasa melakukan project yang berguna sebagai pengalaman mahasiswa untuk dunia kerja nantinya. Selain itu, Dr. Arief Gusnanto secara terbuka mengajak dosen- dosen di Departemen Statistika untuk melakukan diskusi ilmiah rutin bersama guna menghasilkan kolaborasi penelitian.

Dilanjutkan pada hari kedua, kegiatan kuliah umum secara resmi dibuka oleh Fitri Amelia, S.Si., M.Si,. P.hD. yang menyampaikan bahwa “ternyata apa yang sudah dilakukan universitas-universitas di luar sana juga hampir senada dengan yang sedang kita rintis saat ini, seperti melakukan project walaupun kecil-kecilan,dengan adanya kuliah umum ini semoga Departemen Statistika bisa mempelopori sistem perkuliahan berdasarkan project ini”.

Kuliah umum ini dimoderatori oleh Dr. Dony Permana, M.Si. yang sekaligus kepala Departemen Statistika FMIPA UNP, serta dihadiri oleh tamu undangan, dosen statistika, dan mahasiswa statistika FMIPA UNP dari berbagai angkatan yang sangat antusias mengikuti kuliah umum. Pada Kuliah umum ini, banyak hal yang disampaikan Dr. Arief Gusnanto,  menyampaikan bahwa data pada Badan Pusat Statistik Indonesia sudah melibatkan Big data analytics di berbagai bidang, selain itu beliau juga menyampaikan “mulai saat ini mahasiswa harus bisa mengidentifikasi suatu problem karena hal ini sangat penting untuk dunia kerja nantinya”.

Dr. Arief Gusnanto menyampaikan beberapa skill yang penting didalami oleh mahasiswa, yaitu statistical thinking yang terdiri dari Analytical Methods, Big Data Analytics will produce results, Interpretation of results is vital, dan pengetahuan mengenai data agar ketika sebagai statistican dapat memberikan insight mengenai data tersebut hingga dapat memberikan tindakan /action untuk menyelesaikan problem yang diperoleh dari data, beliau juga manambahkan “Big Data Analytics aims to solve problem, not all problems are solvable with big data analytics, so identification of problem is critical”. (FMIPA- Humas UNP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini