UNP Sentra DBON Pertama di Luar Pulau Jawa Menpora RI Resmikan Lapangan Atletik FIK UNP

0
185

PadangTIME.com | Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Prof. Dr. Zainudin Amali, SE., M.SI. dan Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Ir. Mahyeldi Ansharullah, S.P meresmikan secara langsung Lapangan Atletik Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Padang (UNP) di Auditorium UNP Kampus Air Tawar UNP pada Kamis, (3/11).

Pada kegiatan peresmian ini juga dilaksanakan Kuliah Umum dengan Tema “Implementasi Peraturan Presiden No 86 Tahun 2021 untuk Prestasi Olahraga Nasional”. Hadir dalam kegiatan ini Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, Ketua Majelis Wali Amanat, Ketua Senat Akademik Universitas, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Kepala Badan, Dosen dan Mahasiswa FIK UNP.

Kuliah umum ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNP Prof. Ganefri P.hD dalam sambutannya rektor UNP menyampaikan apresiasi atas keluangan waktu Menteri Pemuda dan Olahraga karena untuk kedua kalinya hadir di Universitas Negeri Padang serta kepada Gubernur Sumatera Barat yang telah mendukung Universitas Negeri Padang untuk menjadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang akan dilaksanakan pada November ini, yang akan dihadiri oleh 10 ribu lebih atlet dari seluruh perguruan tinggi seluruh Indonesia.

“ Untuk adik-adik mahasiswa kita harus bisa menjadi tuan rumah yang baik dengan karakter yang baik untuk menyambut tamu pada POMNAS ini, “jelasnya

Rektor UNP juga berharap Menteri Pemuda dan Olahraga bisa turut hadir dalam pembukaan POMNAS pada 17 November mendatang.

Selanjutnya, Rektor UNP juga menyampaikan sesuai dengan yang direncanakan UNP sudah bisa menyelesaikan Lapangan Atletik yang pembangunannya dimulai sejak 22 Juni 2022 lalu dan sumber pendanaannya murni dari UNP.

Selain itu, Lapangan Atletik ini merupakan lapangan atletik pertama yang ada di Sumatera Barat yang tersedia untuk berbagai cabang atletik, seperti lari, lompat jauh, lompar cakra, dan lain sebagainya.

Dalam sambutannya Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Ir. Mahyeldi Ansharullah, S.P menyampaikan dengan dipilihnya UNP dalam pelaksanaan POMNAS ini  diharapkan bahwa Sumatera Barat akan memberikan kontribusi sebaik-baiknya  pada olahraga nasional khususnya pada 5 cabang olahraga yang akan diperlombakan.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sumatera Barat juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga serta Universitas Negeri Padang “Semoga pelaksanaan POMNAS ini lancar dan UNP sukses sebagai tuan rumah” jelasnya

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam kuliah umum ini, menyampaikan bahwa terpilihnya UNP sebagai sentra DBON dikarenakan semangat rektor UNP Prof. Ganefri Ph.D yang selalu menyakini bahwa UNP siap untuk menjadi sentra DBON “Awalnya UNP tidak masuk tapi karena semangat Rektor, UNP dijadikan prioritas sentra DBON tahun ini” Menpora juga menjelaskan mengenai Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)  dengan memiliki tiga tujuan yakni (1) meningkatkan budaya olahraga di masyarakat. (2) meningkatkan kapasitas, sinergitas, dan produktivitas olahraga prestasi nasional. (3) memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga.

Pada kesempatan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga juga berharap Pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional akan berlangsung dengan Sukses serta dapat memberi manfaat baik secara daerah maupun nasional.

Kegiatan peresmian ini dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan kunjungan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga, Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Rektor UNP beserta jajaran pimpinan UNP ke lapangan atletik FIK UNP.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini