ad
PadangTIME.com – Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQ-M) tahun 2021 tingkat UNP, Senin (24/5/2021).
Pembukaan MTQ-M UNP ini dilaksanakan secara luring bertempat di Ruang Sidang Senat Lt.4 Gedung Rektorat UNP dan disiarkan secara langsung melalui youtube UNP Video Streaming.
Acara pembukaan MTQ-M ini dihadiri oleh rektor, wakil rektor, dewan hakim, dekan, direktur pascasarjana, ketua lembaga, kepala biro, wakil dekan, kepala UPT, ketua dan wakil jurusan selingkungan UNP.

Ketua panitia MTQ-M UNP, Miftahul Khair, M.Sc., Ph.D. dalam laporannya menyampaikan bahwa total 220 peserta yang merupakan utusan dan hasil seleksi dari 8 fakultas yang ada di kampus UNP.

Cabang yang diperlombakan dibagi dua yakni cabang yang diperlombakan pada hari ini dan besok yang meliputi cabang tilawatil Quran, Tartilil Quran, Hafzhil WQuran 5 Juz, Khaththil Quran (Golongan Dekorasi), Khaththil Quran (Golongan Komtemporer), Fahmi Quran, dan Syarhil Quran.
Kemudian disamping cabang-cabang  yang diperlombagakan juga ada cabang-cabang yang tidak diperlombakan tetapi dilakukan dalam bentuk pembinaan dan seleksi  kedepannya meliputi cabang debat bahasa inggris, debat bahasa arab, design aplikasi Al-quran dan LKTI. Kegiatan MTQ dilaksanakan dalam era pandemi dengan protokol kesehatan yang ketat dimana para penonton dapat menyaksikan secara daring dan yang hadir pada venue acara hanya para peserta, panitia dan dewan hakim. Seluruh kegiatan acara dalam pegontrolan dan pengawas dari Satgas Covid-19 UNP.

bebi

Pada kesempatan ini, Rektor UNP diwakili oleh Wakil Rektor III UNP, Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si., Ph.D.  berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses dan kita bisa memilih perwakilan dari UNP untuk dikirim pada tingkat nasional untuk bulan November mendatang.

“Kita akan menjadikan ajang MTQ-M UNP ini setiap tahunnya yakni sebagai wadah sarana pembinaan mahasiswa UNP dalam memahami, menghayati, memperdalam dan mengamalkan nilai-nilai Al-Quran,” ujarnya.
Semoga MTQ ini tidak hanya dilaksanakan tingkat universitas saja, tetapi secara berjenjang ada seleksi tingkat jurusan, seleksi tingkat fakultas. Nilai-nilai dalam Al-Quran adalah nilai yang mulia yang diberikan allah melalui nabi muhammad. Apapun profesi, ilmu pengetahuan yang kita dalami semuanya tidak terlepas dari Al-Quran. (pt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here