Umrah Dibuka Kembali, Indonesia Fokus Penuhi Syarat Booster dan Sertifikat Vaksin

0
973
PadangTIME – Pemerintah Arab saudi secara resmi menyampaikan dibuka kembalinya keran umrah bagi jamaah Indonesia. Meski demikian, pemerintah harus memenuhi beberapa hal yang menjadi persyarata, yakni vaksin booster dan sertifikar vaksin.
Konjen RI untuk Arab Saudi di Jeddah, Eko Hartono, menyebut setidaknya ada dua hal teknis yang masih perlu di tindaklanjuti yakni terkait booster dan sertifikat vaksin.
“Hal-hal teknis itu terutama terkait booster dan sertifikat vaksin,” jelas Eko saat dihubungi MPI, Sabtu (09/10/2021).
Terkait kedua hal tersebut, menurutnya aplikasi Indonesia belum tekoneksi dengan aplikasi sertifikat vaksin dari Arab Saudi. “Belum konek antara app kita dan Saudi,” sambungnya.
Jika kendala tersebut dapat diatasi. Lanjutnya, Indonesia akan kembali mengirimkan jamaah umroh ke Arab Saudi.
“Kalau nanti sertifikat booster dan vaksin sudah bisa dibaca di Arab Saudi. insyaAllah jamaah dapat nyaman umroh,” tandasnya,
Sebelumnya, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyampaikan Pemerintah Arab Saudi kembali membuka ibadah umrah untuk jamaah asal Indonesia.
Hal itu disampaikan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta melalui nota diplomatik yang dikeluarkan pada Jumat 8 Oktober 2021.
“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia, perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia,” kata Retno yang dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini