Siapa Bilang Pendidikan itu Mahal ?

0
2843
ad

Oleh : TISNA, S.Pd

bebi

Padang TIME. com- Banyak yang mengeluh bahwa biaya pendidikan itu mahal sekali, banyak masyrakat yang tidak melanjutkan pendidikan anaknya karena keberatan biaya yang cukup tinggi. Disisi lain banyak juga masyarakat yang melanjutkan pendidikan  anak sampai ke jenjang lebih tingggi bahkan yang melanjutkan pendidikann anaknya ke luar negeri sedikitpun orang tuanya tidak merasa keberatan mengapa demikian?

Bagi orang tua yang merasa tidak berat dalam menanggulagi biaya pendidikan adalah orang tua yang mempunyai persiapan  yang matang untuk melanjutkan pendidikan anaknya  dengan langkah sebagai berikut:

Perencanaan  Keuangan  untuk Pendidikqn anak

Untuk pedidikan anak sangat dibutuhkan perencanaan , terutama dalam biaya pendidikan , dari awal , Seperti  mulai dari TK  perencanaan ini dapat juga dilakukan dengan cara  menabung.

Mulailah menyiapkan dana pendidikan buah hati mulai dari sekarang. Namun sebelum itu, ada baiknya kamu memperkirakan lebih dahulu berapa dana pendidikan yang dibutuhkan sampai anak masuk perguruan tinggi.

Bahkan sebaiknya merencanakan biaya pendidikan anak dimulai sejak dini, bahkan sejak dalam kandungan. Rencana pendidikan anak akan sangat berpengaruh pada biaya yang akan kamu keluarkan

Dengan kenaikan dana pendidikan di Indonesia sebesar 15%-20% per tahun. Jika kemudian kamu memiliki buah hati berumur 5 tahun, maka kamu harus mempersiapkan dana untuk pendidikan usia dini sekitar 2 tahun, sekolah dasar 6 tahun, sekolah menengah (SMP dan SMA) 6 tahun, lalu perguruan tinggi 4 tahun sampai 5 tahun.

Pendidikan adalah investasi jangka panjang. Semakin tinggi tingkat pendidikan, maka biaya yang perlu disiapkan juga semakin banyak. Namun, jangan semua dana pendidikan untuk anak kamu masukkan untuk jangka panjang. Kamu harus memiliki dana pendidikan jangka pendek, sebab biaya pendidikan dilakukan berjenjang.

Dana pendidikan jangka pendek dibutuhkan jika pendidikan akan dimulai kurang dari 3 tahun lagi. Untuk jangka pendek, deposito dapat menjadi solusi persiapan dana pendidikan. Sedangkan perencanaan biaya pendidikan jangka panjang untuk waktu lebih dari 3 tahun. Untuk itu kamu membutuhkan portofolio investasi yang berorientasi jangka panjang, seperti reksa

Sisihkan dana secara rutin setiap bulan untuk dana pendidikan

Biasanya beban biaya pendidikan akan terasa berat saat ajaran baru dimulai. Agar biaya pendidikan tidak mengerogoti kesehatan keuangan kamu, maka kamu harus menyisihkan sejumlah uang sebagai dana pendidikan setiap bulan.

Besarnya uang yang kita investasikan setiap bulan tergantung seberapa besar kebutuhan pendidikan dan kuliah anak kita kelak. Prinsipnya, semakin cepat disiapkan, semakin mudah untuk mencapainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here