Sampaikan Konsep Pembangunan, Suhatri Bur Jadi Narasumber Talkshow Nasional “Piaman Dulu, Kini, dan Nanti”

0
277
Padang TIME | Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur hadiri dan jadi narasumber dalam acara Talkshow Nasional yang disiarkan Live di Padang TV dengan pembahasan tema “Piaman dulu, kini, dan nanti.”
Dialog Khusus di acara pembukaan Musyawarah Besar (Mubes) ke VI Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) ini, bertempat di Aula Gubernuran Sumatera Barat di Padang pada Rabu, (01/03).
Acara dialog yang dimoderatori oleh Host Padang TV Nashrian Bahzein ini, juga dihadiri oleh empat narasumber lainnya.
Hadir Mayjen (Purn) TNI Markoni, Anggota DPR RI Jon Kenedi Azis, Anggota DPR RI Sidi Hermanto, dan mewakili Wali Kota Asisten I Setda Kota Pariaman Yaminu Rizal.
Bupati Suhatri Bur dalam paparan materinya menyampaikan, Padang Pariaman itu dulunya di kenal dengan Piaman Lawehnya. D
ia menyebut, dari data dan sejarah sebagian besar Kota Padang dulunya adalah wilayah Piaman. Kemudian ada pemekaran dua wilayah, yaitu Kota Pariaman dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.
“Sekarang Padang Pariaman itu terdiri dari 17 kecamatan, 103 nagari dan 600 korong dengan jumlah penduduk 436.129 jiwa,” sebutnya.
Di kesempatan yang sama, Suhatri Bur juga mengatakan,  luas wilayah, Piaman juga sangat kuat dengan budaya dan potensi sumber dayanya. Katanya, Orang Piaman itu sangat kental dengan falsafah minang adat basandi sara, sara, basandi kitabullah. Sehingga pembangunan Piaman ke depan harus tetap dengan sentuhan agama dan budaya.
“Konsep pembangunan Piaman sekarang di lakukan pada pengembangan infrastruktur dan kreativitas sumber daya manusia yang unggul,” tuturnya lagi.
Maka, untuk mendukung itu semua Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman memiliki visi Padang Pariaman Berjaya dengan tujuh prioritas pembangunan. Dia menjabarkan berbagai program dalam visi tersebut.
Namun katanya, dalam mewujudkan visi tersebut sangat di harapkan bantuan dan kerjasama semua pihak termasuk warga PKDP di seluruh wilayah Provinsi maupun Kabupaten/kota se Indonesia.
“Dengan ini sangat di harapkan ranah dan rantau bersatu, bersama kita wujudkan Padang Pariaman yang Unggul Berkelanjutan, Religius, Sejahtera, dan Berbudaya,” tandasnya berharap.
Kegiatan Dialog Khusus Piaman di ikuti oleh seluruh DPW dan DPD PKDP se  Indonesia.
Pada akhir talkshor di isi  dengan sesi tanya jawab.
Masing-masing ketua DPW di beri kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan segala persoalan di wilayahnya. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini