KPU Pessel Sosiaisasikan Tahapan Pemilu 2024

0
417
PadangTIME.com | Untuk memaksimalkan persiapan Pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan telah mulai melakukan berbagai tahapan.
Salah satu tahapan terdekat saat ini adalah tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu.
“Terkait beberapa tahapan itu, kami dari KPU Pesisir Selatan telah melakukan rapat koordinasi dengan pengurus parpol di tingkat kabupaten. Rapat koordinasi itu kita lakukan pada tanggal 1 Agustus 2022 lalu,” kata ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar, Senin (8/8) di Painan.
Pihaknya menyampaikan beberapa hal terkait tahapan pendaftaran yang mekanismenya berbeda antara pemilu 2019 dengan pemilu 2024.
Hal itu dikatakannya, sebab ketika parpol mendaftar di tingkat KPU Pusat, maka di tingkat kabupaten juga menerima hard copy dari seluruh berkas yang disampaikan ke tingkat pusat tersebut.
Lalu, soal penggunaan sistem informasi partai politik (Sipol) dimana saat ini KPUD lebih dimudahkan dengan optimalisasi penggunaan Sipol.
“Kami dari KPU kabupaten berharap  seluruh stakeholder agar menyukseskan Pemilu dengan mendukung setiap tahapan, agar semuanya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” harapnya.
Berdasarkan informasi dan data yang dia dapatkan, ada sebanyak 38 parpol yang telah mengambil akun Sipol di KPU RI.
Sebab setelah itu, akan dilanjutkan dengan tahapan verifikasi administrasi untuk memeriksa kepengurusan dan keanggotaan di tingkat kabupaten.
Terutama soal kegandaan dan potensi tidak memenuhi syarat dengan alasan pekerjaan, umur dan meninggal. Berikutnya, diteruskan dengan tahapan verifikasi faktual.
“Pada 14 Desember 2022 kita bisa mengetahui siapa saja atau apa saja parpol yang jadi peserta pemilu berdasarkan pengumuman atau keputusan KPU RI,” tutupnya.
(pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini