Dinkes Berantas Stunting Gunakan Inovasi Pasan Mande

0
13190
Padang TIME | Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan melakukan berantas Stunting melalui Inovasi Pasan Mande. Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, dr. H. Syahrizal Anton, Kamis (16/2) di Painan. 
Ia menegaskan, untuk memberantas Stunting perlu dilakukan sebuah inovasi Untuk itu perlu digiatkan kembali Inovasi Berantas Stunting melalui Pasan Mande dengan cara mempromosikan isi Pasan Mande setiap apel pagi mulai 16 Februari 2023.
Diharapkan dengan membaca Pasan Mande setiap pagi seluruh pemegang program akan mengingat kembali seluruh indikator yang ada dalam pasan Mande tersebut.
Perlu diketahui bahwa Pasan Mande adalah inovasi Dinas Kesehatan yang telah di launching oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar pada saat peresmian Puskesmas Inderapura pada tanggal 3 Agustus tahun 2022 lalu.
Adapun Pasan Mande  adalah pastikan remaja putri bebas anemia dan berperilaku hidup  sehat .Ajak calon pengantin melakukan pemeriksaan kesehatan
Setiap ibu hamil mendapat pelayanan kesehatan ( antenatal care ). Amankan bayi baru lahir dengan layanan kesehatan sesuai standar.
Naikkan status gizi serta kesehatan bayi dan balita. Mengkonsumsi pangan yang beragam ,  bergizi dan berimbang. Akses air minum yang berkualitas.
Nagari Stop Buang Air Besar sembarangan. Dorong keluarga untuk mengikuti program jaminan kesehatan, Edukasi dan promosi kesehatan kunci keberhasilan. 
Dengan inovasi  Pasan Mande untuk berantas stunting , diharapkan bisa meminimalisir potensi stunting pada generasi penerus di Kabupaten Pesisir Selatan, sehingga kedepannya diharapkan bisa menjadi sumber daya yang unggul dan berdaya saing.
“Dinas Kesehatan tetap optimis dapat menurunkan angka Stunting pada tahun 2024 dengan menerapkan Inovasi Pasan Mande di seluruh Puskesmas se Kabupaten Pesisir Selatan,” pungkasnya. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini