UIN IB Padang Gelar Latihan Manajemen Penanggulangan Bencana

0
1008

Padang TIME | Dalam rangka upaya untuk menanggulangi bencana dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadadpi potensi bencana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang laksanakan pelatihan manajemen Penanggulangan Bencana ( Dosen dan Tendik) di ZHM Premiere Padang, 07 – 09 Desember 2023.


Dalam kegiantan ini ada 3 orang narasumber terdiri dari BPBD Ir. Arta Firdaus jamal, M.Si, dengan materi Peran Pimpinan dalam Penaganan Darurat Bencana, Basarnas Padang ( Manajemen Penanggulangan Bencana) ,PMI Sumatera Barat (Manajemen Penangguklangan Bencana)

Dalam hantarannya Kepala Biro AUPK Muhammad Fuad Nasar, M.Si mengatakan ,pada tahun 2024 UIN Imam Bonjol Padang akan membuat pusat mitigasi bencana, bagaimana upaya dalam melakukan investasi sosial dan kebijakan untuk mempersiapkan masyarakat dalam menanggulangi bencana, karena pada akhirnya harus bisa berada dalam kehidupan dimana setiap orang harus dapat menghadapi bencana dan cara penanggulangan bencana, contoh sangat dekat adalah erupsi gunung marapi yang menimbulkan korban, lanjut Ka Biro juga menegaskan perlunya ada mitigasi kesiapan masyarakat dalam hal ini.

Awal tahun ini kita sudah menyiapkan UIN Imam Bonjol Padang sebagai Kampus
Tanggap Bencana. Diharapkan UIN Imam Bonjol Padang dapat menjadi pionir dalam penanggulangan mitigasi bencana ini.

Dalam sambutannya Dr. Yasrul Huda, MA. “Ini merupakan suatu proyek perubahan yang digagas oleh Biro AUPK, acara ini adalah bahagian dari rangkaian mulai dari sosialiasi. Sumatera Barat ini merupakan daerah dengan resiko bencana yang tinggi mulai dari gempa, tsunami, gunung yang statusnya aktif.”

UIN Imam Bonjol Padang akan berkomitmen untuk menciptakan fondasi yang kuat untuk mencapai masyarakat yang lebih tangguh terhadap bencana. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini