Tim V Safari Ramadhan Serahkan Bantuan Pemprov Sumbar ke Mushalla Alam Siang Surau Balenggek

0
19

PadangTIME.com – SOLOK – Tim V Safari Ramadhan Pemprov Sumbar mengunjungi Mushalla Alam Siang Surau Balenggek Nagari Muara Pinggai Kab. Solok, Sabtu (9/4/2022)

Dalam sambutannya Pengurus Mushalla Alam Siang Surau Balenggek, Alfisdon Yerman mengatakan, “Kami sungguh mendapat berkah dengan kedatangan Tim Safari Ramadhan dari Pemprov Sumbar. Semoga kunjungan ini bisa memberikan manfaat dan berkah untuk masyarakat warga Surau Balenggek”, ujarnya.

Senada, Wali Nagari Surau Balenggek Dodi Herman, SE Dt. Perpatih Nan Hitam juga mengucapkan apresiasi atas kedatangan Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumbar ke Surau Balenggek. “Ini pertama kalinya TSF datang ke Nagari kami”, ujar Wali Nagari.

Sementara itu Wakil Rektor I UIN Imam Bonjol Dr. Yasrul Huda, MA dalam sambutannya menyampaikan permintaan maaf Rektor UIN Imam Bonjol Prof. Dr. Martin Kustati, M.Sc sebagai ketua Tim V tidak bisa hadir langsung dikarenakan kurang sehat, “Insya Allah itu tidak akan mengurangi manfaat dan keberkahan acara ini”, ujarnya.

“Kami menyampaikan bahwa kegiatan TSR ini adalah wujud program Gubernur Sumbar untuk mewujudkan masyarakat Sumbar yang madani, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”, ujar Yasrul Huda.

Ia juga mengatakan, Gubernur Mahyeldi berharap agar kegiatan keagamaan berbasis surau dapat ditingkatkan. “Untuk menunjang itu maka Pemprov Sumbar pada bulan Ramadhan menyalurkan bantuan langsung untuk Masjid/Mushalla yang benar-benar membutuhkan di seluruh Sumbar,” pungkas Yasrul Huda.

Pada kesempatan itu diserahkan secara simbolis bantuan sebesar Rp.20juta dari Pemrov Sumbar kepada Mushalla Alam Siang Surau Balenggek yang diserahkan oleh Wakil Rektor I UIN Imam Bonjol Dr. Yasrul Huda, MA serta bingkisaan yang diserahkan Rektor UPI Prof. Dr. H. Sarjon Defit, M.Sc kepada pengurus Mushalla Alam Siang Surau Balenggek dan Wali Nagari.

Selanjutkan kegiatan dilanjutkan dengan tausiah agama oleh Penceramah Dr. H. Muslim Tawakal yang mengawali ceramahnya dengan cerita perjalanan TSR V Pemprov Sumbar.

“Di Kota Pariaman kami disambut Wakil Wali Kota, di Pasaman kami dijamu dan disambut Wakil Bupati, dan di sini kami disambut baik oleh Wali Nagari. Kita berbaik sangka saja, mungkin Bupati ada kegiatan lain,” ujarnya.

Dalam ceramahnya, Dr. Muslim Tawakal mengingatkan jamaah, bahwa orang-orang mukmin itu bersaudara. Maka damaikanlah saudara mu yang bertengkar.

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat,” ungkapnya mengutip Quran Surah Al Hujarat ayat 10.

Tim V yang diketua Rektor UIN Imam Bonjol itu kali ini juga dihadiri Wakil Rektor III UIN Imam Bonjol, Wilhendri, S.Ag, M.Si, Ph.D, Rektor UPI, Prof. Dr. H. Sarjon Defit, M.Sc, Penceramah Dr. H. Muslim Tawakal, Perwakilan Kopertis Wilayah X (LLDIKTI X), Pengadilan Tinggi Agama Padang, Dinas Pangan Sumbar, Dinas PPr & PA, Biro Perekonomian, Biro Kesra Pemprov Sumbar, Camat Junjung Sirih, Wali Nagari Muaro Pinggai, tokoh masyarakat, alim ulama, tokoh adat, dan juga hadir sejumlah awak media. (PT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini