Home Pendidikan Tim PKM Unand Lakukan Pembinaan pada UMKM Garuri Melalui Worshop...

Tim PKM Unand Lakukan Pembinaan pada UMKM Garuri Melalui Worshop Pemasaran Digital Secara Daring dan Luring

0
Tim PKM Unand bersama narasumber : Vima Tista Putriana, SE,AK, PhD, CA , Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, memberikan sejumlah saran pada mitra UMKM GARURI yang bergerak di usaha Teh Herbal Gaharu Super dengan merk dagang "GaruRi,"melalui Daring dan Luring, Minggu pagi, tanggal 06 November 2021.

PadangTime.com- Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM ) dimasa sebelum dan saat Pandemi Covid 19, pelaku usaha pemasaran digital mesti jadi pilihan utama. Program berkelanjutan membina mitra GARURI untuk tumbuh kembang ini meruapakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Skim Program Kemitraan Membantu Usaha Berkembang pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM ) Universitas Andalas.

Pemasaran  digital melalui Era teknologi 4.0 saat ini ,dengan  sekat ruang dan waktu dapat diatasi secara lebih mudah , seiiring makin familiarnya masyarakat dengan dunia internet seperti pemanfaatan media online seperti  shoope, lazada, facebook, google dan instagramdan lain laain., “ ungkap Akademisi Fakultas Ekonomi Uiversitas Andalas”, Indah Permata Suryani melalui workshop daring dan luring. Padang.time.com.Sabtu (06/11/2021)

Saran ini disampaikan Indah Permata Suryani saat jadi narasumber pada pengabdian masyarakat yang diketuai  oleh Dr. Ir. Benni Satria dengan anggota, Dr. Syahyana  Raesi, MSc, Dr. Neswati, MSi, Dr. Andasuryani, dan Dr, Yurniwati, SE,Ak ,MS dibantu oleh lima orang mahasiswa yaitu : Haidiatul Fajri, Abdullah Faris, Muhmmmad Farrel Syabena, Syaidul Khairi dan Yuri pada salah satu mitranya UMKM GARURI yang bergerak di usaha teh herbal super.

Teh Herbal Super dengan merk dagang” GARURI berbahan baku utama pucuk, daun dan gubal gaharu kelas spesial yang berkualitas ini diolah dan dkemas pada rumah produksi yang berlokasi di Jalan Parak Jambu No 24 Kelurahan Dadok Tunggul Him Kecamatan Koto Tangah Kota  Padang.

UMKM GARURI binaan dari tim PKM yang bergerak pada usaha teh herbal harus jeli melihat bench mark-nya, dan tentu saja memerlukan teknik pemasaran yang mumpuni. Usaha produk teh herbal GaRURI merupakan lapangan usaha baru yang memiliki prospek bisinis kedepan, dengan harapan semoga usaha yang dirintis ini berkembang pesat dan sewaktu nanti menjadi usaha yang mandiri ,tegas ketua kegiatan PKM.

Selain  itu, Indah yang juga salah seorang pelaku pemasaran  digital juga mengingatkan pentingnya business entity dari sebuah usaha yang dilaksanakan terutama soal pemisahan kekakayaan pribadi dan perusahaan, disamping itu accounting entity juga sangat penting, terutama saat bisnis tersebut dirintis  secara bersama mitra kerja lainnya.

Sementara H. Daflus sebagai  manager pelaksana UMKM GARURI mengatakan usaha kelas UMKM ini tidak sekaedar bisnis semata “ Laba usaha ini sebagian besar digunakan untuk membiayai  anak yatim kota Padang yang mayoritas tidak tinggal di panti asuhan. Pemodalan usaha berasal dari sejumlah individu yang memiliki modal tetap dan tidak tetap dan ketersediaan bahan baku selama 6 bulan sebelumnya mengalami kendala dimana bahan baku tidak tersedia secara kontinue taapi semenjak bulan September 2021, melalui kerjasama dengan tim PKM Unand dengan kelompok tani Gaharu  Sijunjung dan Solok Selatan maka bahan baku teh di UMKM GARURI telah dapat diatasi dengan baik. (Beni)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version