Taklimat Akhir Wasrik Rutin Itwasum Polri TA 2020, Ini Kata Kapolda Sumbar

1830
PadangTIME.com – TNS – Pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) rutin Itwasum Polri TA 2020 di Polda Sumbar telah berakhir pada Rabu (12/8). Berakhirnya kegiatan tersebut, ditandai dengan pelaksanaan Taklimat Akhir Wasrik, Kamis (13/8) di ruang Jenderal Hoegeng Mapolda Sumbar.
Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik. M.Si, Irwil IV Itwasum Polri Brigjen Pol Ade Rahmat Suhendi, dengan diikuti oleh Pejabat Utama Polda Sumbar, para Kapolres sejajaran Polda Sumbar (melalui vicon) dan tim Wasrik Itwasum Polri.
Selaku obyek wasrik, Kapolda memahami bahwa pengawasan dan pemeriksaan merupakan salah satu fungsi manajemen kepolisian yang tidak dapat dipisahkan dengan fungsi-fungsi manajemen lainnya. Pengawasan dan pemeriksaan dilakukan untuk memastikan akuntabilitas aparatur Polri yang jujur dan bersih, guna mencegah terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang yang dapat berakibat pada kerugian keuangan negara maupun menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri.
Dari penyampaian Pernyataan Hasil Pemeriksaan (PHP) yang dibacakan Irwil IV Itwasum Polri, telah mengungkapkan hasil kinerja Polda Sumbar yang sesungguhnya, baik di bidang Manajemen Operasional, bidang SDM, bidang Sarpras maupun bidang Garku khususnya pada aspek pelaksanaan dan pengendalian ternyata masih terdapat temuan–temuan yang harus ditindaklanjuti dan perlu untuk dilakukan perbaikan-perbaikan.
“Saya berkeyakinan bahwa kekurangan–kekurangan tersebut tidak dilakukan secara sengaja. Sebab pada kenyataannya dalam melaksanakan tupoksinya para penanggung jawab kegiatan telah berupaya semaksimal mungkin mengelola kendala menjadi sebuah peluang di dala penyelenggaraan kinerja yang berakuntabilitas,” kata Irjen Pol Toni Harmanto dalam sambutannya.
Lanjutnya, sebagaimana komitmen pada saat Taklimat Awal, Polda Sumbar siap untuk memperbaiki dan menindaklanjuti seluruh rekomendasi Tim Wasrik Itwasum Polri. Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini, Kapolda memerintahkan kepada para Kasatker dan Kasatwil yang menjadi obyek wasrik untuk segera menindaklanjuti hasil temuan secara profesional dan proporsional sesuai rekomendasi dan ketentuan yang berlaku.
“Kepada seluruh pembina fungsi tingkat Polda, agar membantu penyelesaian tindak lanjut atas temuan-temuan sesuai bidang fungsi masing-masing dan kepada Irwasda Polda Sumbar agar memonitor dan memastikan penuntasan tindak lanjut para obyek wasrik,” ujarnya
Kemudian atas nama kesatuan dan pribadi, Kapolda menyampaikan banyak terima kasih kepada Tim Wasrik Itwasum Polri yang telah membantu dalam memposisikan diri sebagai konsultan untuk memberikan dorongan moril, petunjuk, maupun masukan yang bersifat membangun selama pelaksanaan wasrik.
“Permohonan maaf bilamana selama melaksanakan tugas di Polda Sumbar, terdapat hal-hal yang kurang berkenan baik yang dilakukan dengan sengaja maupun tidak disengaja,” pungkasnya.
Sebelumnya, Kapolda Sumbar bersama Irwil IV Itwasum Polri Brigjen Pol Ade Rahmat Suhendi melakukan penandatanganan Pernyataan Hasil Pemeriksaan (PHP) sekaligus menyerahkan PHP dan tabulasi hasil wasrik.(nz)
Balang

LEAVE A REPLY