Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar : Pemerataan Pendidikan di Sumbar Demi Mengurangi Siswa Putus Sekolah

0
1370

Padang TIME .com – Pelaksanaan salat Idul Fitri 1445 H dihalaman kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat berlangsung khidmat, Rabu 10 April 2024. Umumnya umat Islam di Sumbar, merayakan hari Raya Idul Fithri pada hari yang sama.

Selaku imam salat yaitu Muhammad Fathoni yang juga merupakan imam Masjid Raya Sumbar.

Khatib salat eid adalah Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar. Ia memberi tema Khutbahnya yaitu “Dua Kebahagiaan bagi umat Muslim bagi yang melaksanakan Puasa”.

Sebenarnya dua macam kebahagian yang berbeda. “Semoga kita termasuk kelompok yang pertama dan tidak masuk dalam kelompok yang kedua,” ungkap Irsyad Syafar.

Kebahagian pertama, kata Ustadz Irsyad Syafar, adalah bahagianya orang-orang yang sudah mengisi ramadhannya dengan berbagai ibadah dan amal shaleh. Baik disiang hari maupun di malam hari.

“Siang dia berpuasa dengan penuh iman dan perhitungan. Mengoptimalkan puasa mata dan telinganya dari yang diharamkan Allah SWT. Menahan lidahnya dari ghibah dan namimah, disamping menahan haus dan lapar,” cakapnya.

Sebab dia mengetahui, bahwa Allah takkan menilai lapar dan haus hambaNya, jika dia masih belum meninggalkan perkataan bohong dan perbuatan dusta.

“Ia meluangkan waktunya untuk tilawah Al Quran, membaca makna dan kandungannya, mengulang hafalannya dan berusaha meningkatkan durasi kebersamaannya dengan Al Quran,” ujarnya.

Irsyad Syafar mengatakan Kebahagian kedua adalah, orang yang merasa  telah terbebas dari beban puasa selama ramadhan. Tidak ada lagi shalat taraweh di malam hari.

“Ia bahagia karena memakai pakaian baru, rumah baru dan mungkin juga kendaraan baru. Bahagia karena bisa mudik dan pulang kampung bertemu keluarga dan kerabat. Bahagia karena bisa bertemu teman lama, sahabat, dan reunian dengan sesama alumni sekolah,” ungkapnya. Terakhir, Ustad Irsyad Syafar pimpin Doa bersama Agar Sumbar di lindungi oleh Alla SWT dari bencana.  (tn)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini