Stadion Mini Persikatim Terbaik di Sumbar, Sudah Hasilkan PADes

0
1910

Padang TIME.com – Pada tahun 2023, Pendapatan Asli Desa (PADes) yang bersumber dari Stadion Mini Persikatim (Persatuan Sepak Bola Siswak Timur) di Kelurahan Siswaak Timur, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman mencapai Rp 45 juta, PADes ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun laluHal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Sikapak Timur, Syawirman kepada tim Media Center Diskominfo Kota Pariaman, Jumat (22/12).

 “Sejak Tahun 2021 sudah menghasilkan PADes sebesar Rp.15 juta dalam setahun, Tahun 2022 sebesar Rp.30 juta. Hingga Tahun 2023, PADes mencapai Rp 45 juta ”,   ungkapnya.

 Untuk sewa lapangan satu kali dalam pertandingan,     masyarakat maupun pecinta bola bisa membayar dengan harga Rp.250 Ribu  untuk satu kali pertandingan”, jelasnya. Lapangan Sepakbola ini kata Syawirman sebelumnya tidak layak digunakan.

 “Kita di Desa Sikapak Timur memiliki sarana lapangan sepakbola, namun fasilitas tidak memadai. Dengan adanya sarana ini, hal ini tentu menjadi wadah bagi desa untuk digunakan sebagai tempat bermain anak-anak. Selain itu, lapangan ini bisa disewakan, dan minat terhadap olahraga semakin meningkat dikalangan anak muda”, ujarnya.“Dahulunya, kita laksanakan dengan swadaya, namun kini dengan adanya Dana Desa (DD), kami memprioritaskan DD untuk memperbaiki sarana olahraga”, sambungnya.

Tahun 2017 kita laksanakan perbaikan sarana dan prasarana Lapangan Sepakbola Persikatim menggunakan DD secara bertahap sampai tahun 2021.

 “Saat ini, Lapangan Sepakbola Persikatim salah satu lapangan terbaik               di  Sumbar dan satu-satunya menggunakan DD, bahkan nomor  empat           di Indonesia”,ulasnya.
“Hal ini terbukti Lapangan Sepakbola Persikatim menjadi lapangan yang             sering  dipakai berbagai ajang kompetisi dan pertandingan, baik di                   tingkat Kota Pariaman, Sumatera Barat bahkan Nasional”, terangnya.

Ia juga menambahkan dengan banyaknya pertandingan tingkat
Kota Pariaman seperti Piala Walikota dan Liga Pelajar, untuk tingkat Sumbar
seperti Piala U-40, sementara tingkat nasional seperti Piala Soeratin U-12,13,15
dan 17, sangat terasa manfaatnya oleh masyarakat.

 “Masyarakat yang berjualan mendapat berkah dan perekonomian masyarakat meningkat selama kompetensi berjalan. Dalam seminggu pada pertandingan Piala Soeratin U-15 dan U-17 perputaran uang dimasyarakat mencapai Rp. 60 juta. Selain itu, kami juga berkomitmen dengan meningkatnya PADes ini, kami terus memperbaiki sarana”, pungkasnya.(pt)

 

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini