Perang Rusia Dan Ukraina Berimbas Harga Mie Instan Melambung!

0
1574
PadangTIME.com | Perang Rusia dan Ukraina telah membawa dampak nyata terhadap melonjaknya harga berbagai komoditas dunia. Sebut saja harga minyak hingga pasokan gas yang pada akhirnya melambung tinggi seiring terganggunya suplai dari kedua negara tersebut.
Tak hanya minyak dan gas, perang kedua negara tersebut rupanya juga berdampak pada harga kebutuhan pokok, mengingat keduanya merupakan salah satu negara produsen gandum terbesar di dunia.
Praktis, terganggunya proses produksi akibat perang membuat kapasitas produksinya juga terganggu, sehingga memantik kelangkaan dan lonjakan harga terkait kebutuhan impor ke negara-negara konsumen gandum.
Di Indonesia, meski bukan negara yang makanan utamanya gandum, namun dalam kehidupan sehari-harinya cukup familiar dengan mie instan, yang salah satu bahan bakunya adalah gandum.
Bahkan, produksi mie instan di Indonesia sejauh ini masih cukup bergantung pada pasokan impor.
Dengan harga gandum yang melonjak akibat terganggunya pasokan dari Rusia-Ukraina, pada akhirnya juga berakibat pada melambungnya harga mie instan di dalam negeri.
Mengutip dari economy.okezone.com Menurut Bhima Yudhistira selaku Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), naiknya harga gandum cepat atau lambat akan berdampak pada pangan Indonesia, seperti mi instan dan terigu.
“Dampaknya harga bisa naik, berat bersih produk berkurang, atau menurunkan kualitas,” kata Bhima, Jumat (4/3/2022).
Menurut pantauan IDX Channel melalui e-Commerce Tokopedia dan Shopee, harga dari beberapa jenis mie instan sudah menyentuh harga Rp3.000. Di Tokopedia, beberapa pedagang menjual mie instan Indomie mulai dari harga Rp2.600 hingga Rp3.000, sedangkan untuk di Shopee berkisar antara Rp2.898 hingga Rp3.000 per bungkusnya.
Untuk mie instan dengan merek Mie Sedaap dibanderol dengan harga Rp2.000 hingga Rp2.800 per bungkus. Sedangkan untuk merek lain seperti Gaga berada di kisaran Rp3.000 hingga Rp3.250 per bungkus.
Sedikit tips bagi Anda yang rutin membeli mi instan untuk stok makanan di rumah, Anda bisa membelinya dalam ukuran satu dus agar harga yang dibayarkan lebih murah jika dibandingkan dengan membelinya secara eceran.
(pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini