Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam

0
1052
ads
oleh:  Dr.Sulastri, S.Pd., M.Pd., Dr. Ahmad Sabandi, M.Pd ,
          Dra. Ermita  M.Pd  dan Drs. Syahril, M.Pd., Ph.D

PadangTIME.com – Pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter dan berprilaku sesuai nilai-nilai pancasila  merupakan hal yang sedang booming-boomingnya diperbincangkan di tengah masyarakat. Pada dasarnya menanamkan nilai-nilai karakter   ingin  dibangkitkan oleh pemerintah demi menghasilkan pelajar indonesia yang berkualitas ,tidak hanya dari pengetahuan tapi juga sikap dan karakternya. Namun untuk mewujudkan itu semua perlu dukungan dari berbagai pihak, khususnya sekolah yang wadah tempat penanaman nilai-nilai karakter peserta didik. di Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam terus berupaya untuk menjadi bagian yang selalu dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya dalam hal penguatan karakter melalui profil pelajar pancasila. Berdasarkan Peraturan Menteri Pandidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024, profil pelajar pancasila memiliki enam kompetensi yaitu:  1) beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) berbineka global, 3) bergotong royong, 4) mandiri, 5) bernalar kritis dan kreatif.

Sehubungan dengan itu, pada tanggal 23-24 Juli 2022 Tim Abdi Masyarakat dari Jurusan Administrasi UNP mengadakan suatu kegiatan pengabdian yang mengangkat tema Penguatan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Di Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam”. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SD Negeri 11 Gadut. Peserta yang hadir ada sebanyak 28 orang. Peserta yang mengikuti kegiatan pengabdian ini sangat antusias dalam menerima berbagai materi yang disuguhkan oleh narasumber Tim Abdi Masyarakat Jurusan Administrasi Pendidikan UNP ini. Selain antusias dalam menerima materi terkait tema yang diangkat, para peserta juga aktif dalam kegiatan diskusi. Sehingga menghasilkan suasana yang interaktif dan menyenangkan. Hal yang dilakukan oleh Tim Abdi Masyarakat jurusan Administrasi Pendidikan UNP ini merupakan salah satu bagian dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi memalui program kemitraan masyarakat.

Narasumber dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah orang-orang yang sangat berpengalaman. Pemateri pertama yaitu Bapak Drs. Syahril, M.Pd., Ph.D. Beliau merupakan ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Dalam kegiatan pengabdian ini beliau menjelaskan materi tentang penguatan karakter melalui profil pelajar pancasila. Untuk materi yang tidak kalah luar biasanya adalah lanjutan dari materi tentang penguatan karakter melalui profil pelajar pancasila diberikan oleh Bapak Dr. Ahmad Sabandi, M.Pd. dosen Jurusan Administrasi Pendidikan. Dan untuk penyampaian materi yang terakhir diberikan oleh Ibu Dr. Sulastri, S.Pd., M.Pd dan Ibu Dra. Ermita M.Pd yaitu tentang bagaimana merancang projek penguatan profil pelajar pancasila.

Kegiatan yang diketuai oleh ibu Dr.Sulastri, S.Pd., M.Pd ini bertujuan untuk: 1) memperkuat karakter serta kompetensi; 2) berpartisipasi aktif dalam merencanakan pembelajaran aktif dan berkelanjutan; 3) mengembangkan keterampilan, sikap dan pengetahuan; 4) memecahkan permasalahan dalam berbagai situasi pembelajaran; 5) bertanggung jawab dan peduli terhadap situasi sekitar dan 6) menghargai pembelajaran sehingga mampu mencapai tujuan pendidikan.

Dalam kegiatan yang dilakukan selama 2 hari ini, alhamdulillah berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. Para guru yang menjadi peserta tidak hanya hadir sebatas pendengan semata tetapi mereka juga sangat bersemangat dalam menerima materi yang disuguhkan.

Tanggapan dari para guru dan pihak Koordinator Pendidikan Unit Kerja Tilatang Kamang, Bapak Iskandar S.Pd., M.H menyatakan bahwa pihak mereka sangat siap menjadi sekolah binaan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Jurusan Administrasi Pendidikan UNP. Beliau berharap agar kegiatan serupa seperti ini selalu dilakukan secara kontinu.

Kegiatan ini hendaknya dapat memberikan pengetahuan lebih banyak pada guru-guru ,dan  dapat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi  para guru mereka. Selain itu, dengan materi yang banyak sekali manfaatnya ini, dapat menjadi bekal bagi guru-guru agar selalu menanamkan nilai-nilai karakter berbasis profil pelajar pancasila kepada para peserta didiknya. Semoga dilain waktu dan kesempatan masih banyak tema-tema yang menarik untuk diangkat yang berhubungan dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya di Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. {PT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini