Pemprov Sumbar Manfaatkan Even Nasional sebagai Ajang Promosi UMKM Lokal

0
154

Metro Padang.com – PADANG — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) manfaatkan penyelenggaraan even Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke-74 dan Satlimas ke-62 tingkat nasional di Sumbar sebagai ajang promosi UMKM Lokal.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menegaskan, menjadikan UMKM lokal semakin tumbuh dan berkembang, merupakan salah satu tujuan utama dalam masa kepemimpinannya.

Salah satu upaya nyata pihaknya untuk mewujudkan harapan tersebut yakni dengan melakukan pembinaan secara berkala dan melibatkan mereka dalam kegiatan pemerintah daerah yang mendatangkan banyak orang, baik berskala lokal maupun nasional.

“Kita sengaja melibatkan UMKM lokal dalam setiap kegiatan daerah yang melibatkan banyak orang, tujuannya agar produk mereka menjadi semakin dikenal dan mereka juga mendapat manfaat secara ekonomi,” tegas Mahyeldi di Padang, Sabtu (2/3/2024).

Mahyeldi menambahkan, selama penyelenggaraan acara peringatan HUT Satpol PP ke-74 dan Satlimas ke-62 tingkat nasional di Sumbar, pihaknya memfasilitasi penempatan UMKM lokal di sejumlah titik strategis yang menjadi pusat aktivitas para tamu undangan yang jumlahnya mencapai ribuan orang.

“Kita telah fasilitasi UMKM lokal di sejumlah titik strategis agar mereka bisa menjual dan mempromosikan produknya kepada para tamu yang hadir, setiap titik kita tempatkan minimal dua hingga belasan Stand UMKM Lokal, jumlahnya tergantung dari potensi padatnya aktivitas di titik tersebut,” jelas Mahyeldi.

“Produk yang dipasarkannya pun beragam, mulai dari fashion, kriya, hingga kuliner. Semuanya berada dibawah binaan Dinas Koperasi UMKM Sumbar,” tukuk Mahyeldi.

Sementara itu, salah seorang pelaku UMKM lokal dengan merek dagang ES Tebu Sumatera yang juga terlibat dalam kegiatan tersebut, Febrianti (33) mengatakan dirinya sangat bersyukur dan berterima kasih atas kepedulian Gubernur Sumbar terhadap keberlangsungan UMKM lokal. Ia berharap, kegiatan serupa dapat diselenggarakan di Sumbar sesering mungkin.

“Alhamdulillah, Gubernur kita sangat peduli terhadap UMKM. Kita diizinkan membuka stand di lokasi acara, terima kasih buya Mahyeldi,” ucapnya penuh semangat.

Dari segi pendapatan, Febrianti mengaku juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari hari biasanya.

“Untuk omset, ada peningkatan lebih kurang sekitar 200 persen dari hari biasanya. Seandainya, acara seperti ini ada setiap bulan, kami bisa segera naik haji,” pungkasnya.

Diyakini, dampak positif dari penyelenggaraan even nasional di Sumbar, tidak hanya dirasakan oleh Febrianti semata, tapi juga dirasakan oleh seluruh pelaku UMKM dan masyarakat Sumbar secara umum. (adpsb/busan)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini