SDN 38 Kampung Baru Kota Padang Gelar Upacara Turun Mandi Dan Akekah

0
896
Kota Padang – padangtime.com | Dalam rangka memperkenalkan ke arifan lokal budaya Minang kabau kepada generasi muda sedari dini, SDN 38 kampung baru kec. Lubuk Begalung kota Padang menggelar upacara turun mandi dan akekah serta makan barapak. (2-3-2024)
Yusmanelly, S.Pd. kepala sekolah SDN 38 mengatakan bahwa kita bisa mengangkat acara ini sebagai bukti pelajaran budaya sudah terlaksana di sekolah kita.
Lebih lanjut di jelaskan kegiatan ini terlaksana dari partisipasi orang tua murid dari kelas 1-6 dengan memasak bersama dan bahkan ada yang masak dari rumah yang mana murni dari inisiatif para orang tua.
Acara ini bertujuan mengenalkan kearifan lokal budaya Minangkabau. Yang salah satunya digelar acara turun mandi dan akikah yang dilanjutkan dengan makan barapak berdasarkan filsafah Minang adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Ujar kepala sekolah yang akrap dipanggil buk nel.
Harapan kita mudah-mudahan dengan melihat prosesi sederhana ini anak kita paham dan mengerti dengan budaya daerah sendiri.
Ketua komite SDN 38, Jul Hendri, ss juga mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini terutama para orang tua murid dan juga kepala sekolah beserta para majelis guru beserta komite sekolah – yang besinerji
Demi masa depan anak, terutama tentang budaya Minang.
Lurah kampung baru kec. Lubuk Begalung, kota Padang, buk Ratu Junasti, S.P.
Yang sekaligus membuka acara ini secara resmi mengatakan, SDN 38 satu satunya SD yang menyelenggarakan acara ini secara rutin dengan beragam tema yang berbeda. saya dulu juga hadir pada acara seperti ini di SDN 38, waktu itu acara babako dengan prosesi dengan prosesi arak arakan keliling kampung dengan panca ragamnya.
Lebih lanjut buk Ratu mengatakan jika kegiatan seperti ini di laksanakan kita optimis budaya Minangkabau terus lestari. sukses selalu buat SDN 38 ujar buk Ratu menghadiri. (Jul)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini