Home KOTA Kota Pariaman Pemko Pariaman Uji Publik Ranwal RKPD Tahun 2022

Pemko Pariaman Uji Publik Ranwal RKPD Tahun 2022

0
PadangTIME – Walikota Pariaman, Genius Umar menyampaikan bahwa Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Pariaman Tahun 2023 harus mengacu kepada visi, misi dan program unggulan Pemerintah Kota Pariaman tahun 2018-2023.

“Dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD harus mengupayakan pencapaian visi, misi dan program unggulan Pemko Pariaman tahun 2018-2023”,ungkapnya pada Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Kota Pariaman Tahun 2023 di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (16/2).

Wako Genius Umar juga menuturkan sampai tahun ini apa yang telah dikerjakan, dan ditahun depan berapa pencapaiannya. Artinya di tahun 2021 apa yang telah dicapai dan tahun 2022 yang masih berjalan ini, kita lakukan procesing dan melihat apakah sesuai dengan anggaran tersebut dan RPJMD telah mencapai 90 persen atau belum.

“Dalam sistem anggaran, apabila anggaran tersebut tidak dikerjakan, harus merubah kembali pada anggaran tahun 2022 perubahan supaya di akhir tahun 2022 kalau Bappeda menetapkan pencapaian RPJMD tersebut 90 persen maka dikerjakan”, ulasnya.

“Apabila pekerjaan tersebut tidak berrhubungan dan menambah nilai pencapaian pada RPJMD serta tidak menambah pencapaian pada  program unggulan maka perlu anggaran perubahan”, imbuhnya.

Lebih lanjut, Genius juga menjelaskan dalam menyusun RKPD harus ada titik pencapaian hari ini, apakah baru mencapai 70 persen kemudian diprocesing dan diperkiraan dengan analisa anggaran yang ada di APBD kalau dikerjakan anggaran tahun 2022 ini, kita bisa mencapai dibulan Desember tersebut 80 persen. Berarti satu (1) tahun sisa di tahun 2023, kita harus mencapai 20 persen lagi.

“Seandainya anggararan tersebut tidak tepat tujuan pencapaian dan meningkatkan sasaran RPJMD, maka dirubah kembali menjadi anggaran tahun 2022”, sambungnya.

Genius menyebutkan bahwa hadirnya masyarakat dalam forum ini sangat baik, karena masyarakat sebagai publik penerima manfaat dari APBD harus mengetahui pencapaian yang telah dikerjakan oleh Pemko Pariaman.

“Masyarakat sangat mengapresiasi yang telah dikerjakan Pemko Pariaman dan saya sengaja melakukan hal ini agar kita lebih responsif dalam menerima tanggapan dari masyarakat.  Banyak hal-hal positif yang diterima seperti membangun jalan waterfrontcity, yang terbaru waterfrontcity dari Desa Mangguang sampai Desa Padang Biriak-Biriak yang sebelumnya masih kawasan yang kumuh nanti akan dirubah dan dijadikan kawasan yang bersih, bagus serta dijadikan destinasi wisata”,terangnya.

“Beberapa program saya minta keterpaduan dan koloborasi dari beberapa OPD seperti Pariaman sejahtera. Hal ini akan terus dilakukan sehingga target RPJMD setiap tahun ada tambahan serta peningkatan”, tandasnya mengakhiri. (rika)

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Sekdako Pariaman, Yota Balad, Asisten I, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat. (PT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version