DUBAI, UNI EMIRAT ARAB | Konferensi Para Pihak Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC COP28) ke-28 diadakan di Dubai, UEA dari tanggal 30 November hingga 12 Desember 2023, membawa hasil pertemuan global para pemangku kepentingan yang berdedikasi untuk memerangi perubahan iklim.

Tahun ini, OPPO diundang untuk bergabung dalam Wawancara Kepemimpinan COP28 , yang menampilkan serangkaian diskusi antara para pionir dan pemimpin bisnis tentang bagaimana tindakan kolektif di berbagai industri dapat berkontribusi terhadap dampak positif di masa depan.

 Sebagai perwakilan eksklusif dari industri telekomunikasi, OPPO membagikan inisiatif keberlanjutannya melalui inovasi. Untuk lebih mendukung inovasi dalam penghijauan, OPPO juga mengundang Bluepha Co., Ltd, salah satu pemenang global OPPO Inspiration Challenge 2023 untuk memamerkan material ramah lingkungan sebagai pengganti plastik kepada khalayak global di area pameran selama COP28.

“Teknologi dan inovasi sangat penting dalam memerangi perubahan iklim,” kata Jason Liao, Kepala OPPO Research Institute, “OPPO bertekad untuk terus berinvestasi dalam keberlanjutan, secara aktif mengeksplorasi teknologi ramah lingkungan untuk desain dan pembuatan produk kami.

Selain itu, keberlanjutan adalah sebuah perjalanan kolektif yang membutuhkan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan. Kami mempertahankan pendekatan berpikiran terbuka dan mengundang lebih banyak mitra ekosistem untuk bergabung dengan kami dalam perjalanan menuju keberlanjutan.”

Menjadikan perangkat elektronik lebih ramah lingkungan

Mulai dari pemilihan bahan mentah hingga penggunaan dan daur ulang produk, OPPO telah dengan mulus mengintegrasikan konsep keberlanjutan ke dalam manajemen siklus hidup produk, yang bertujuan untuk meminimalkan dampak lingkungan dari produk kami.


Pada tahun 2023, OPPO berjanji untuk mencapai netralitas karbon di seluruh operasi globalnya pada tahun 2050.

Mengambil contoh Mesin Kesehatan Baterai yang dikembangkan sendiri oleh
OPPO, inovasi ini membantu baterai ponsel cerdas mempertahankan lebih dari
80% kapasitas aslinya setelah 1.600 baterai terisi penuh.

Siklus pengisian daya menggunakan teknologi pengisian daya flash SuperVOOC 80W dari OPPO, yang secara signifikan memperpanjang umur rata-rata baterai ponsel pintar[1], dan dengan demikian mengurangi limbah elektronik. Sebagai pengakuan atas hal ini, OPPO dinobatkan sebagai salah satu dari 10 Perusahaan Paling Inovatif di Asia-Pasifik pada tahun 2023 oleh media bisnis berpengaruh Fast Company.

Selain itu, untuk mendorong lebih banyak pengguna mengikuti perjalanan rendah karbon, OPPO memperkenalkan fitur Always-On Display “GO Green” pada sistem operasi terbaru ColorOS 14 yang diluncurkan dengan 600 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Animasi dan jejak karbon di layar akan berubah berdasarkan jumlah langkah yang dilakukan pengguna setiap hari, dan mereka akan melihat dengan jelas dan intuitif bagaimana berjalan kaki dibandingkan menggunakan transportasi lain dapat mengurangi emisi karbon.

Tantangan Inspirasi yang memberdayakan startup

Selain inisiatif ramah lingkungan dalam desain produk, manufaktur, dan operasi global, OPPO juga bekerja sama dengan mitra ekosistem untuk mendukung inovator yang berdedikasi pada teknologi ramah lingkungan.

“OPPO Inspiration Challenge”, sebuah akselerator inovasi yang diprakarsai oleh OPPO Research Institute pada tahun 2022, menyerukan teknologi inovasi yang baik dari para profesional dan pengusaha teknologi global setiap tahunnya. Tahun ini, mereka meluncurkan kategori baru, “Inspirasi untuk Planet”, yang menargetkan teknologi ramah lingkungan untuk meminimalkan dampak lingkungan dari pembuatan atau penggunaan produk elektronik.

Di antara teknologi ramah lingkungan ini, Bluepha, sebuah startup bioteknologi, mengembangkan polimer organik alami yang dapat terbiodegradasi untuk menggantikan penggunaan plastik untuk kemasan dan skenario lainnya. 

Melalui kerja sama dengan OPPO, Bluepha mengeksplorasi berbagai solusi untuk menggunakan Bluepha® PHA berbasis bio yang unik – polimer organik alami yang dapat terurai secara hayati dan dapat menggantikan plastik – dalam kemasan ponsel cerdas dan aksesori seperti casing ponsel cerdas. Diundang oleh OPPO, Bluepha memamerkan solusinya di COP28. Selain itu, dengan dukungan bersama dari OPPO dan mitra industrinya, Bluepha mempresentasikan diskusi panel di COP28 yang diselenggarakan di Biosphere 3 Solutions Pavilion, berbagi inovasinya untuk aksi iklim.

Selaras dengan misinya “Teknologi untuk Umat Manusia, dan Kebaikan untuk Dunia”, OPPO akan terus mendorong praktik keberlanjutan di seluruh operasi dan manufakturnya, bekerja sama dengan lebih banyak mitra industri, dan mengeksplorasi teknologi ramah lingkungan untuk menghadirkan lebih banyak teknologi dan produk ramah lingkungan ke pasar global. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini