Menjaga Situasi Kamtibmas, Sat Samapta Polres Mentawai Gelar Patroli Rutin

0
405
Menjaga situasi kamtibmas agar tetap bertahan kondusif di wilayah hukum Polres Kepulauan Mentawai jajaran Sat Samapta terus mengobtimalkan dan meningkatkan pelaksanaan kegiatan patroli.
Dibawah kepemimpinan Akp Tirtho Edhy, SH Sat Samapta Polres Kepulauan Mentawai berperan penting dalam menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif agar dapat agar dapat mempertahankan situasi kamtibmas tetap kondusif Kasat Samapta Polres Mentawai mengobtimalkan giat patroli agar dapat memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.
“Kami siap memberikan yang terbaik untuk masyarakat Mentawai dan melakukan yang terbaik dalam memelihara keamanan dan ketertiban umum serta mengupayakan agar situasi kamtibmas tetap kondusif di bumi sikerei ini”. kata Akp Tirto pada awak media Rabu siang (25/05/2022).
Akp Tirtho Edhy, SH selaku Kasat Samapta Polres Kepulauan mentawai menyampaikan bahwa jajarannya akan melaksanakan kegiatan patroli seoptimal mungkin dan menggunakan seluruh sarana dan prasana yang dapat mendukung kelancaran kegiatan patroli.
Ia mengatakan, bahwa personilnya selain berpatroli dengan motor dan mobil juga akan melakukan giat patroli jalan kaki ditempat tempat keramai seperti di pasar dan ditempat objek wisata dengan tujuan kegiatan patroli tersebut dapat mempersempit ruang gerak dan dapat mencegah pelaku tindak pidana melaksanaan aksinnya.
Selanjutnya Akp Tirto juga mengatakan, bahwasanya dia juga memerintahkan Kanit Samapta Polsek jajaran untuk untuk melaksanakan kegiatan yang sama mengobtimalkan giat patroli diwilayahnya dengan tujuan agar situasi kamtibmas di Kabupaten dan diseluruh kecamatan di kepulauan ini sama sama kondusif.
Dalam patroli, yang menjadi target utama dalam pelaksanaannya adalah daerah yang rawan terjadinya tindak pidana seperti curas curat dan curanmor selanjutnya daerah rawan bencana alam dan kecelakan.
Selanjutnya daerah tempat objek vital seperti Bank, atm, tokoh perhiasan, pasar juga daerah yang masuk dalam daftar kegiatan patroli dan tempat tempat objek wisata dan pemungkiman penduduk juga akan menjadi wilayah patroli yang selanjut.
Selanjutnya Akp Tirtho mengatakan agar dapat menjaga sekaligus memonitor perkembangan situasi kamtibmas kegiatan patroli harus dilaksanakan secara berkala ketempat dan wilayah yang dilalui tadi dengan mengobtimalkan kegiatan patroli tersebut bisa menekan dan mengurangi angka kriminalitas sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.
Giat patroli merupakan salah satu tugas pokok di Kepolisian yang mana Sat Samapta diberikan kewenangan penuh dalam pelaksanaan tugasnya, untuk itu kegiatan patroli dapat dipastilan salah cara mengantisipasi dan mencegah terjadinaya sebuah tindak pidana, dikarenakann kegiatan patroli yang dilaksanakan personil Sat Samapta ini dapat mengartikan kehadiran Polri ditengah tengah masyarakat sehingga dapat menghambat serta mempersempit langkah dan ruang gerak serta dapat mencegah pelaku tindak pidana melaksanakan aksinya. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini