Media Online Indonesia (MOI) Sumbar Diskusi di LKAAM Sumbar Menanggapi Masalah Uang Japuik

0
325
Padang TIME – Viralnya Pemberitaan  beberapa hari terakhir  adanya kasus bunuh diri. Shintia Indah Permatasari (25 tahun).Shintia ditemukan petugas Kepolisian dengan kondisi leher terlilit dengan mukena yang diikat pada bagian atas lemari kamar hotel. warganet menyebut Shintia bunuh diri berkaitan dengan uang penjampuik mencapai 1,5 miliar.
Menanggapi pemberitaan tersebut maka  MOI  (organisasi Media Online Indonesia  Sumatera Barat  melakukan pertemuan dengan  Ketua LKAAM  Sumbar Fauzi Bahar, Dt. Nan Sati, Wakil Ketua DPRD  Kota Padang, Amril  Amin S.AP,M.M, dan Dr.Otong Rosadi, SH, MH  (Rektor  UNES)  serta   Leonardy  Harmainy Dt Bandaro Basa anggota DPD RI. PADA Selasa  (21/11) di Ruangan Rapat LKAAM  Sumbar.
Pada Kesempatan ini forum diskusi ini di pimpin lansung yang bertindak  sebagai moderator  Ketua MOI Sumbar Anul Zufri SH, MH .
Manga rang mudo Minang merantau? Karatau madang di hulu, babuah babungo balun. Marantau bujang dahulu, dirumah paguno balun à Agar dia berkualitas baru kembali.
Bajampuik, uang japuik adalah budaya yg disepakati antara lelaki dg perempuan yg sesuai dengan alur dan patut. Uang itu kembali ke perempuan yg diserahkan oleh kebiasaan melalui model barantam, badoncek untuk baralek. Malam manjalang ada lebih banyak yg dikembalikan. Sama halnya dlm tagak kudo-kudo, gotongroyong. Budaya ini menguntungkan sumando: gelar nasab dari Bapaknya ‘Sidi, Sutan, atau Bagindo’. Gelar Kaum dari suku Ibunya. Adat nan sabana adat – adat nan diadatkan
Kasus Bunuh Diri terjadi karena dari basisnya dari Gelar Adat bergeser ke Status Sosial, ketidakpahaman, atau orang luar piaman
Fauzi Bahar, Dt. Nan Sati menjelaskan adanya peristiwa bunuh diri warga  Pariaman  tersebut Bukan  masalah adat  yang menyebabkan  Shintia Indah Permatasari jadi bunuh diri , namun  kurangnya keimanan  Shintia Indah , hal ini dijelaskan Fauzi Bahar apabila Keimanannya kuat tentu tidak akan terjadi peristiwsa bunuh diri, karena dalam agama islam bunuh diri adalah dosa besar yang tidak bisa diampuni Allah SWT, di sisi lain Kelua LKAAM  Sumbar  ini menjelaskan Uang  penjampuik   di  Pariaman merupakan hasil kesepakatan  kedua belah pihak mempelai sesuai dengan kesanggupan masing masing  bukan suatu hal  dengan harga mati.
Sedangkan  Leonardy  Harmainy Dt Bandaro Basa juga mempunyai pendapat yang sama dengan Fauzi Bahar(tn)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini