Padang TIME | Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D membuka secara resmi kegiatan pembukaan Asesmen dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) Surveillance I dan Penambahan ruang lingkup Laboratorium Pengujian Halal Laboratorium Terpadu (Labdu) UNP, Rabu (22/ 11) bertempat di Ruang Sidang Senat Lantai 4 Kampus Air Tawar, Padang.
 Kegiatan asesmen ini menghadirkan para asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) yakni Deddy Rachman Sumadi (Asesor Kepala), drh. Ismu Prastyawati Sukanto, M.Sc., Ph.D (Asesor Anggota) dan Dr. Herman Hidayat (Asesor Anggota) yang didampingi oleh Wakil Rektor III, Prof. Yohandri, M.Si , Kepala Labdu UNP, Andril Arafat, ST., M.Eng, Ph.D, Febri Prasetya, S.Pd., M.Pdt, Dekan, kepala badan, ketua lembaga, kepala Biro serta pengajar dari Labdu UNP.
Ketua Labdu UNP, Andril Arafat, ST., M.Eng, Ph.D, dalam laporannya menyampaikan bahwa Labdu UNP saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Peningkatan dari tahun ke tahun Labdu UNP dapat terlihat dari jumlah pengujian yang mengalami peningkatan jumlah dari tahun 2021 (398 pengujian), tahun 2022 (593 pengujian) dan tahun ini (740 pengujian). “Saat ini, kami selalu mengoptimalkan dan memberdayakan segala layanan dan peralatan di Labdu UNP. 
Kegiatan Surveillance oleh KAN diselenggarakan dalam rangka memenuhi persyaratan umum kompetensi Labdu UNP. Diharapkan dengan adanya asesmen, ini dapat meningkatkan kualitas layanan dan menjamin manajemen mutu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” pungkas Andril .
Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan perkembangan Labdu UNP yang sangat signifikan terhadap pendapatan UNP dan memberikan dampak kepada mahasiswa serta dapat memanfaatkan peralatan di Labdu yang terakreditasi nasional dan internasional. UNP melalui Labdu akan terus mengupayakan seluruh peralatan Labdu UNP yang terakreditasi dapat memberikan dampak terhadap masyarakat. “Asesmen ini merupakan salah satu upaya UNP untuk terus meningkatkan kualitas peralatan kerja UNP sehingga semua peralatan dapat terstandarisasi secara nasional dan internasional begitupun dengan Lab pengujian halal Labdu UNP . 
Deddy Rachman Sumadi (Asesor Kepala) menyampaikan adapun tujuan dari asesmen ini untuk memastikan SNI ISO/IEC 17025;2017 dan skill demonstrasi (saksi) dengan metode asesmen awal dapat dilakukan dengan onsite/hybrid (kombinasi on-site dan remote), asesmen ulang dan pengawasan tidak terjadwal serta Asesmen penambahan ruang, pengawasan terjadwal dan saksi. 
Deddy Rachman juga memaparkan agenda asesmen di labdu ini akan melakukan
asesmen bidang manajemen & pengujian mekanik, asesmen bidang pengujian fisika/kimia, dan asesmen bidang pengujian biologi.  ()
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini