Masyarakat Nagari Tiumang Antusias Sambut Kunjungan Safari Ramadan Gubernur Mahyeldi

0
310

PadangTIME.com – Dharmasraya- Antusiasme warga disekitar Masjid Al Mu’minun, Nagari Tiumang, Kabupaten Dharmasraya menyambut Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi tak terbendung. Minggu, (3/04/2023). Tampak ratusan jemaah, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga yang lanjut usia hadir memadati Masjid. Sakin ramainya, Pengurus Masjid terpaksa menggelar terpal di pekarangan Masjid untuk mengalasi sajadah para jemaah.

Nagari Tiumang merupakan nagari yang didiami 4500 jiwa. Mayoritas penduduk Tiumang merupakan warga transmigran yang hampir seluruhnya berprofesi sebagai petani. Meski demikian, mereka hidup rukun dalam akulturasinya dengan Budaya Minangkabau.

Kedatangan Gubernur, dalam rangka Safari Ramadan sangat dinanti masyarakat setempat. Warga berharap, Buya Mahyeldi dapat memberikan bantuan untuk mendorong mata pencarian mereka di bidang pertanian dengan penyaluran bibit, alsintan ataupun infrastruktur pendukung lainnya.

Menyapa antusiasme Warga Tiumang, Gubernur Mahyeldi menuturkan telah mengalokasikan setidaknya Rp. 127 Miliar APBD murni tahun anggaran 2023 ini untuk Kabupaten Dharmasraya, tak terkecuali Nagari Tiumang. Pengalokasian anggaran tersebut kata Gubernur masih dapat ditambah bila diperlukan.

“Mudah-mudahan anggaran tersebut bisa mendorong peningkatan pembangunan di Dharmasraya,” kata Gubernur Mahyeldi saat berinteraksi dengan warga usai menuntaskan sholat tarawih berjemaah.

Ia merinci, dari total alokasi sebesar Rp. 127 Miliar tersebut terdiri dari Rp. 57 Miliar dana bagi hasil pendapatan daerah, Rp. 41 Miliar untuk sektor pendidikan, Rp. 6 Miliar untuk sektor pertanian, Rp. 6 Miliar untuk sektor perikanan. Sementara sisanya dialokasikan untuk pembangunan jalan, jembatan, perumahan dan sektor lainnya.

“Diharapkan dengan anggaran ini dapat semakin meningkatkan gerak perekonomian masyarakat dan pelayanan pendidikan di Kab. Dharmasraya,” ujarnya.

Tak hanya itu, kedatangan Buya Mahyeldi malam itu juga membawa bantuan pemerintah provinsi untuk Masjid Al Mu’minun sebesar Rp. 50 juta, bantuan satu dus Al Quran dari Kemenag Sumbar, serta 180 kotak makanan tambahan untuk balita dan 5 dus penambah nutrisi ibu hamil.

Turut hadir menyambut kedatangan Gubernur Mahyeldi, Sekretaris Daerah Kab. Dharmasraya, Adlisman mengaku senang dengan kunjungan Safari Ramadan Gubernur. Ditambah dengan bantuan dan motivasi keagamaan yang diberikan Buya.

“Kami senang dengan peran pemerintah provinsi dalam mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Dharmasraya,” ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat Dharmasraya menyambut baik kunjungan Gubernur dan berharap Kab. Dharmasraya selalu bisa menjadi daerah tujuan yang aman dan nyaman bagi setiap orang. (adpsb)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini