Margaret Clark, Penulis Populer di Kalangan Kaum Muda

0
211
ad
Oleh : Chairunissa Faaizah

Selasa, 8 Maret 2022 13.00 WIB
Margaret Clark adalah seorang pelukis, illustrator dan penulis buku anak-anak dari Australia. Dia lahir di Plattsburg pada tahun 1942 (sekarang berusia 80 tahun) dibesarkan di Sydney dan sekarang berada di Wallsend dekat Newcastle.  Pelukis, illustrator dan penulis Penduduk Sydney, New South Wales, dia memiliki karir profesional yang singkat sebagai seniman.

bebi
Pada tahun 1918, pada usia enam belas tahun, Margaret ditugaskan untuk melukis gambar peri mini untuk menghias kotak-kotak permen eksklusif untuk produsen gula-gula besar, Sweetacres. Perusahaan itu mengiklankan produk baru mereka dalam pamflet khusus yang mempromosikan lukisan Clark sebagai ‘keserbagunaan mewah dan kapasitas untuk detail dan citra yang tak terbatas’.
Margaret Clark adalah salah satu penulis paling produktif dan populer di kalangan kaum muda di Australia. Dia juga telah bekerja sebagai guru, direktur pra-sekolah, dosen universitas, dan pendidik alkohol dan obat-obatan dengan Departemen Kesehatan Victoria.
Karyanya telah memberinya banyak wawasan yang luar biasa tentang kehidupan anak-anak dan remaja. Clark memegang gelar Sarjana Pendidikan, Magister Pendidikan, dan Doktor Pendidikan.
Dengan lebih dari seratus buku tentang hubungan, persahabatan, dan masalah social yang telah Margaret terbitkan. Margaret juga telah memenangkan banyak penghargaan lokal dan internasional, dan buku-bukunya diterbitkan di seluruh dunia.
Buku-bukunya sangat menyentuh keprihatinan yang dimiliki kebanyakan anak muda saat ini, menjalin dan mempertahankan teman, persaingan antar saudara kandung, lingkungan sekolah, dan masalah sosial yang dapat menciptakan kebingungan.
Karya tulisnya yang cukup popular di Australia ialah seri Aussie Angels dan novel dewasa muda Fat Chance, Okay Koala sendiri termasuk ke dalam seri Aussie Angels. Okay Koala adalah buku pertama dari seri yang dicintai oleh anak-anak di seluruh Australia.
Banyak juga karya Margaret lainnya lahir akan tetapi karya tersebut menggunakan nama samaran Margaret, yaitu Lee Striker karya-karyanya tersebut ialah Evil at Camp Star, House of the Living Dead, Bite Your Head Off, Teacher Torture and Body Parts
Terlepas dari kesuksesan awal ini, Margaret Clark memiliki karir profesional yang singkat sebagai seorang seniman. Dia menghadiri salah satu Sekolah Seni Sydney Julian Ashton, tetapi hanya untuk satu periode.
Ilustrasi pertamanya yang diterbitkan muncul di Young Australia pada bulan November 1923, ilustrasi terakhirnya dua dekorasi berwarna besar di Australian Childhood pada tahun 1930.
Pada tahun 1924 dia menunjukkan lima lukisan peri dengan Sydney Society of Women Painters dan pada tahun 1926 mengadakan pameran tunggal di Sydney Art Salon. Semua lukisannya abis terjual.
Seorang kritikus di Daily Telegraph membandingkannya dengan baik dengan karya Ida Rentoul Outhwaite dan berkata: ‘ini sama sekali bukan salinan karya orang lain; mereka sepenuhnya asli, dan dalam banyak kasus menunjukkan gambar dan imajinasi yang jauh lebih baik daripada banyak peserta pameran lain di cabang seni ini.’
Akan tetapi Margaret Clark menghilang dari pandangan publik setelah pernikahannya dengan Clifford Stanfield pada tahun 1929. Karyanya tidak dipamerkan lagi sampai tahun 1985. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini