Lepas Peserta Sepeda Sehat di Jalur Tol, Gubernur Sebut Ruas Padang-Sicincin Ditarget Rampung Sebelum Ramadan

0
2063
Padang TIME – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah melepas ribuan peserta Sepeda Sehat di Jalan Tol Padang-Sicincin, Minggu (29/10/2023). Gubernur menyebutkan, iven tersebut turut mensosialisasikan jalur tol kepada masyarakat, yang ditargetkan tuntas pengerjaannya sebelum Ramadan, atau sekitar Maret 2024.
“Hari ini kita bersuka ria, bersepeda sehat semabari melihat keindahan alam yang terbentang di sepanjang jalur tol ini. Mumpun belum beroperasi. Semoga, warga kita semakin semangat dan antusias mendukung kelancaran pembangunan tol kita ini,” kata Mahyeldi.
Gubernur menyatakan, berdasarkan hasil diskusinya bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) beberapa waktu yang lalu, pembangunan Tol Padang – Sicincin ditargetkan rampung sebelum Ramadhan tahun depan, atau sekitar Bulan Maret 2024.
“Jika harapan itu terwujud, tentu saat Lebaran nanti tol ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kemacetan. Sebab, jalur Padang-Padang Pariaman memang selalu macet setiap Lebaran. Mudahan-mudahan sebelum Lebaran itu bisa selesai,” ucao Mahyeldi berharap.
Selanjutnya, Mahyeldi mengajak seluruh masyarakat yang berada di sekitar jalan tol untuk terus mendukung kelancaran pembangunan proyeks strategis nasional (PNS) tersebut. “Yakinlah, segala permasalahan pasti ada jalannya keluarnya. Asal kita bersama-sama membulatkan tekad dan niat untuk pembangunan,” ajaknya.
Sementara itu, Project Director PT Hutama Karya Persero, Sri Hastuti Hardiningsih dalam kesempatan yang sama mengatakan, bahwa pengerjaan Jalur Tol Padang-Pekanbaru, Seksi Padang-Sicincin memilki panjang sekitar 36,15 kilometer (KM).
“Untuk pembebasan lahan, itu sudah mencapai 92,6 persen, sedangkan proges fisiknya yang sedang berlangsung saat ini adalah 41, 5 persen. Mudah-mudahan support dari masyarkat tetap mendukung keberlangsungan pembangunan Jalan Tol,” harapnya.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar Maifrizon juga melaporkan, bahwa terselenggaranya iven Sepeda Sehat di Jalur Tol tersebut berkat gagasan dan inisiator Forkopimda Sumbar dan beberapa unsur lainnya.
“Dengan adanya iven Sepeda Sehat, Alhamdulillah masyarakat menjadi tahu bahwa di Sumbar ini ada Jalan Tol. InsyaAllah dalam waktu yang tidak lama lagi, bisa dilewati oleh oleh kendaraan,” ujar Maifrizon.
Di samping itu, sambung Maifrizonk, kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95. Setiap peserta dalam kegiatan ini ditantang untuk melewati jalur tol sepanjang 4,5 KM, dan berputar kembali sepanjang 4,5 KM. Panitia turut menyediakan hadiah kejutan berupa 16 unit sepeda dalam iven ini.
“Mudah-muhan masyarakat dapat melihat sisi positif pembangunan jalan tol ini. Terima kasih kita ucapkan kepada semua pihak yang mendukung, seperti Bank Nagari, Bank Indonesia, Dinas Kesehatan, Dinas pertanian, dan pihak-pihak pihak lainnya,” tutur Maifrizon. (adpsb/cen)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini