Ketua DPRD Sumbar, Supardi Tampung Aspirasi Masyarakat Limapuluh Kota

0
202

PadangTIME.com | Ketua DPRD Sumbar, Supardi jemput aspirasi masyarakat Limapuluh Kota dalam rangka pelaksanaan reses, Rabu (25/10).

Pada pertemuan dengan masyarakat yang dilaksanakan di Nagari Tujuah Talago, Kecamatan Guguak tersebut, Supardi menampung banyak aspirasi masyarakat. Beberapa dari aspirasi tersebut diantaranya ada yang terkait dengan pembangunan infrastruktur, pertanian hingga pendidikan.

Salah seorang masyarakat yang hadir dalam pertemuan langsung dengan Supardi tersebut, Am menyampaikan keinginan agar pembangunan jalan menuju Limbangan dilanjutkan.

Pembangunannya sudah terlaksana namun perlu dilanjutkan kembali hingga pengaspalan badan jalan.

Selain itu masyarakat juga meminta dibuatkan jalan di sepinggiran Batang Sipingai. Masyarakat lain, Em Rizal menilai perlunya pelebaran jalan di depan kantor Walinagari.

Masih terkait infrastruktur, masyarakat lainnya, Yul Hendri menyampaikan perlunya dibangun jembatan yang menghubungkan dua jorong di Nagari Tujuah Koto Talago tersebut.

Dengan adanya jembatan maka masyarakat lebih mudah untuk berpergian. Salah seorang staf kantor camat Guguak yang hadir, Deria Kelana memberitahukan kondisi kantor tersebut memprihatinkan. Menurut dia, beberapa bagian atap kantor banyak yang bocor. Selain itu lantai keramik sudah pecah-pecah.

“Kami harap ada bantuan untuk merenovasinya. Kami juga berencana untuk membangun ruang UKS dan ruangan untuk program kecamatan sehat,” katanya.

Sementara itu, terkait pertanian sejumlah masyarakat menyampaikan keluhan karena harga jagung yang anjlok di pasaran. Hal ini menyulitkan petani jagung karena harga pupuk dan bibit mahal. Selain itu, PKK Tujuah Koto Talago meminta bantuan bibit tanaman untuk bisa dibagikan pada masyarakat.

Terkait pendidikan, salah seorang masyarakat Andi Rahman yang merupakan guru SMK Suliki meminta dukungan pemerintah untuk pendidikan gratis bagi siswa SMK. Dia mengatakan sekolah tersebut sudah layak dijadikan serupa BLUD karena mampu bekerja sama dengan perusahaan, terutama perusahaan AHM dan Mitshubisi di Pekan Baru.

“Kami sudah berupaya untuk memaksimalkan potensi sekolah dengan membuka situs toko dan jasa online, tokokito.com.  Pada situs ini produk-produk yang dihasilkan siswa kami pasarkan,” ujarnya.

Untuk bisa menjadi lebih maju dan berkembang dia meminta pemerintah provinsi untuk mendukung upaya ini. Salah satunya terkait dengan membuka peluang dengan berbagai stakeholder. Menanggapi terkait perkembangan yang berhasil diraih SMK tersebut Supardi menyampaikan apresiasi.

Menurut dia, kelebihan SMK memang terletak pada keterampilan yang sudah bisa langsung digunakan untuk dunia kerja.

Hal ini, tambah dia, sangat baik untuk membantu pemerintah mengurangi jumlah pengangguran. Sekaligus dalam upaya untuk menciptakan SDM berkualitas yang mampu memajukan provinsi ini. “Pemerintah provinsi selalu menjadikan sektor pendidikan sebagai hal prioritas.

Kami siap mendukung perkembangan pendidikan di daerah ini,” paparnya.

Selain itu, pada masyarakat, Supardi mengatakan seluruh aspirasi yang mereka sampaikan telah dicatat. Tujuan dari pelaksanaan reses ke dapil, tambah dia, memang untuk menjemput langsung aspirasi masyarakat.

Aspirasi-aspirasi tersebut akan menjadi bahan catatan dan pertimbangan dalam penyusunan anggaran dan program dalam APBD provinsi.

Berlandaskan pada aspirasi masyarakat di seluruh kabupaten kota, diharapkan program pembangunan dan pemberdayaan yang dilaksanakan pemerintah provinsi akan sesuai dengan kebutuhan di tengah masyarakat. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini