Ketua DPRD Sumbar Supardi Buka Bintek PSM  Sumbar

0
694

Padang TIME.com – Sumatera Barat  daerah rawan bencana seperti Gempa dan Sunami serta daerahnya  juga daerah yang rawan lonsor, hal ini dikatakan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi   saat  menbuka  acara Bintek PSM  Sumbar pada Minggu  (20/3) di hotel Kriyad Bumi Minang .

Supardi mengatakan  Sebelum Gempa yang terjadi Di Pasaman Barat  para pakar Gempa sudah  memberikan peringatan  agar masyarakat untuk berhati hati  dan selalu siaga dalam menghadapi bencana aga agar saat terjadi bencana  korban tidak berjatuhan.

Dikatakan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) nagari memiliki peran penting dalam memajukan nagari. PSM itu merupakan pekerja sosial yang mengabdi selama 24 jam untuk mendampingi masyarakat, termasuk dalam menggali potensi nagari.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Sumbar Supardi saat membuka bimtek PSM. Ini bukti kalau PSM itu merupakan pekerja sosial yang mengabdi selama 24 jam untuk mendampingi masyarakat, dibantu juga oleh tenaga sukarela TKSK, dalam pengabdiannya,” usai Supardi.

Bintek ini diikuti  108 peserta dari kota dan kabupaten Se- Sumatera Barat dihadiri juga Kadis sosial arry yuswandi , Sampurno Plt. Kabid dayasos dan Bundo Herlina ketua IPSM SumbarDengan Jumlah peserta 108 se sumatera barat dari kota dan kabupaten se- Sumatera Barat. Sebelumnya, Supardi melakukan  Kotopanjang, Payakumbuh dan pengelolaan moggot sebagai pupuk organik di Kecamatan Mugka.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Supardi mengatakan, pihaknya menyurati gubernur untuk memperhatikan kesejahteraan PSM, karena masih laporan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM ) tidak mendapat Honorer atau tali asih sama sekali. PSM diminta bekerja profesional tetapi PSM tidak mendapatkan apa- apa.

“Negara harus menghormati PSM, minimal kita harapkan PSM mendapatkan penghargaan, agar dapat bekerja secara profesional, ” ujar Supardi saat membuka Bimtek PSM sumbar, di salah satu Hotel di Padang, Minggi, 20 Maret 2022.

Supardi, menjelaskan  Provinsi Sumatera Barat memiliki risiko bencana sangat besar sehingga menjadi salah satu Provinsi dengan risiko bencana tertinggi di Indonesia dapat dikatakan supermarket bencana.

DPRD  mendorong PSM dinamisator di masyarakat agara selalu bergerak disetiap masalah dihadapi masyarakat ketika terjadi bencana, ” ujar Supardi disebut- sebut calon kuat Wali Kota Payakumbuh ini.

Supardi, DPRD akan mendorong  PSM dan akan  berperan sebagai motivator kepada masyarakat PSM menjadi salah satu ujung tombak dalam layanan kesejahteraan sosial di Indonesia. Mengacu pada Peraturan Menteri Sosial (Permensos) No 10 Tahun 2019, PSM merupakan SDM  kesos wilayah kerja di desa atau kelurahan, Nagari dan berstatus sebagai relawan sosial.

Supardi  menambahkan “walaupun bekerja sukarela, PSM memiliki kontribusi sangat besar dalam mengentaskan kemiskinan di Sumatera Barat. (Tisna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini