Kemensos RI Kembali Salurkan Bantuan Pada PPKS di Pesisir Selatan

0
1046
PadangTIME.com | Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) melalui Sentra Terpadu Inten Soeweno, Cibinong, memberikan bantuan kepada puluhan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), di Kabupaten Pesisir Selatan. Bantuan tersebut mulai diserahkan sejak tanggal 21 hingga 26 Juli 2022, untuk Nagari Koto VIII Pelangai Kecamatan Ranah Pesisir.  
Hal itu diungkapkan oleh Ketua Tim Asesmen dan Intervensi Kabupaten Pesisir Selatan, Zaenal Arifin, Sabtu (23/7) kemarin.
Dikatakan, pihaknya, sudah diserahkan bantuan berupa satu unit kursi roda CP anak untuk Farid Dharma Sufrian, dan satu unit kursi roda standar kepada Yasma M.
“Sesuai data yang kami terima, sebenarnya di Nagari Koto VIII Pelangai, ada tiga orang PPKS. Namun, satu penerima kursi roda “3 in 2″ atas nama Kristian Daliwu meninggal dunia, dan bantuan tersebut kami tarik kembali,” ujar Zaenal Arifin.  
Zaenal menyebut, total bantuan yang diserahkan kepada pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial di Kabupaten Pesisir Selatan secara keseluruhan berjumlah 49 dari 60 jumlah PPKS usulan. Adapun jenis bantuan yang disalurkan yakni, kursi roda standar 8 unit, kursi roda CP anak 1 unit, kursi roda “3 in 1” 8 unit, tongkat putih netra 2 unit, alat bantu dengar 7 unit, tongkat ketiak/kruk ukuran M 2 pasang, walker 1 unit, alat olahraga rumah (sepeda statis) 1 unit, kasur dan perlengkapan 2 unit, pengobatan/sembako 17 paket.
“Sementara berdasarkan asesmen kami, ada 11 bantuan PPKS yang ditarik kembali dengan keterangan sebagai berikut, meninggal dunia 4 orang, sudah sembuh 1 orang, sudah dapat bantuan 1 orang, kaki palsu tetap di asesmen dan di rujuk ke Sentra Terpadu “Prof. Dr. Soeharso” di Surakarta 2 orang, kemudian salah masukan lokasi (tidak di Pessel) 3 orang,” ucapnya menjelaskan.
Kedepan ia berharap, bantuan yang disalurkan kepada para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Pesisir Selatan bisa membantu dan mempermudah mereka dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan sehari-hari.
“Mereka ini memiliki hak yang sama dengan kita. Jadi, dengan keterbatasan tersebut maka sangat perlu kita dorong dengan cara seperti ini. Harapan kami kedepan semoga mereka ini bisa menjalani hidup seperti orang-orang normal pada umumnya,” tuturnya.
Sementara itu, Wali Nagari Koto VIII Pelangai Syafridul yang turut serta dalam kegiatan itu mengucapkan terimakasih banyak kepada Kemensos RI, khususnya melalui Sentra Terpadu Inten Soeweno, Cibinong yang telah bertandang ke Kabupaten Pesisir Selatan, menyerahkan sejumlah bantuan tersebut.
(pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini