Padang TIME | Ikatan Alumni Universitas Negeri Padang (ILUNI UNP) gelar Seminar Nasional sebagai salah satu rangkaian acara pada Musyawarah Besar ILUNI UNP (11/3) di Auditorium UNP.

Tema  pada Semnas adalah Membangun Anak Bangsa Yang Berkualitas Dengan Memperkuat Implementasi Kurikulum Merdeka.

Acara yang dipandu oleh Dr. Kasmita, S.Pd.,M.Si ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemdikbudristek RI Drs. Zulkifli Anas, M.Ed, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D, dan Perwakilan Dunia Usaha dan Industri Drs. Nadirman, MM.

Drs. Zulkifli Anas, M.Ed dalam materinya yang berjudul Strategi Memperkuat Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar memaparkan bahwa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sangat sesuai dengan motto UNP Alam Takambang Jadi Guru, karena MBKM memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk menjadi jati dirinya dalam proses pembelajaran.
Adanya kebebasan jati diri, maka akan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang unggul.
Pemaparan materi kemudian di lanjutkan oleh Prof. Ganefri, Ph.D yang menyampaikan materi dengan judul Strategi Implementasi UNP Menuju World Class University.
Saat ini UNP mengimplementasikan Digital Management, Digital Leadership dan Digital Learning di Fakultas Kedokteran yang akan menerima mahasiswa tahun ini.
Penerimaan mahasiswa FK di rencanakan sebanyak 20 persen dari keluarga tidak mampu. Hal ini sejalan dengan perubahan status UNP menjadi PTNBH, di mana sumber penerimaan tidak di utamakan dari UKT mahasiswa.
Oleh karena itu, di butuhkan peran dari para alumni, termasuk sumbangan untuk dana abadi UNP. Saat ini UNP mengalokasikan dana abadi sebesar 100 miliar.
Selanjutnya Drs. Nadirman, MM dalam materinya Era Disrupsi dan Teknologi Industri menjelaskan berbagai peluang yang dapat di raih mahasiswa UNP pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.
Ia memaparkan pekerjaan-pekerjaan yang paling di butuhkan industri di tahun 2025. “Perguruan Tinggi harus mampu merespon berbagai perubahan teknologi yang terjadi di  industri,dan menyiapkan lulusan yang mampu menjawab berbagai perubahan tersebut” papar Nadirman.  (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini