Genius Umar Sampaikan Lima Dasar Bela Negara Pada Kader PKK Kota Pariaman

0
259

PadangTIME.com –  Ada lima nilai-nilai dasar yang dikembangkan dalam bela negara agar menjadi landasan sikap dan perilaku warga negara, yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta mempunyai kemampuan awal bela negara.

Implementasi dari 5 nilai dasar bela negara tersebut tertuang dengan cara kita dalam melaksanakan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN). Selain itu, PKBN ini juga penting sebagai bentuk revolusi mental, sekaligus untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas ancaman guna mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh.

Hal tersebut dikatakan oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar pada saat membuka secara resmi kegiatan Pengukuhan Kader Sadar Bela Negara PKK (Kader SABANA PKK), dan Orientasi Pembinaan Kesadaran Bagi Pengurus Tim PKK Se-Kota Pariaman, yang digelar oleh  Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pariaman, di Aula Balaikota Pariaman Rabu (10/5/23).

“Kegiatan PKK merupakan bagian dari pembangunan nasional dan berkelanjutan. Sebagai warga negara dan masih terkait dengan program PKK, maka kader PKK terutama ibu-ibu dinilai perlu mengerti pembinaan kesadaraan bela negara untuk mengingatkan kembali nilai-nilai Pancasila”, ujarnya.

Genius menjelaskan, kaum perempuan memiliki peran penting untuk menanamkan wawasan nilai kebangsaan, cinta tanah air (nasionalisme), rasa kebersamaan dan mutualisme kepada anak bangsa yang akan melanjutkan jalannya pembangunan Indonesia di masa depan.

“Oleh karena itu peran perempuan dalam meningkatkan rasa bela negara sangat penting sekali , dimulai dari meningkatkan ketahanan keluarga, termasuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pengasuhan anak dalam keluarga”, tegas Genius.

Genius berharap dengan adanya kegiatan ini kiranya dapat bermanfaat bagi para Pengurus dan Kader PKK se Kota Pariaman dalam menambah wawasan dan pengetahuan serta kemampuan untuk dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing dan nantinya akan lahir para kader penyebarluasan kesadaran bela negara yang berasal dari para kader PKK di Kota Pariaman.

Acara ditutup dengan mengukuh 100 orang Kader PKK Kota Pariaman yang hadir oleh Genius Umar, sebagai Kader Sabana PKK Kota Pariaman. (tachi)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini