Dinas Perikanan dan Pangan Pasaman Lakukan MoU dengan PT. Soon Hock Fish Internasional

0
649

Padang TIME.com – Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Dinas Perikanan dan Pangan Pasaman lakukan Momerandum of Understanding (MoU) dengan PT. Soon Hock Fish Internasional (SHFI) terkait pengembangan sentra pembenihan bibit ikan betutu di Halaman Kantor Bupati, selasa (04/04/2023)

Acara Momerandum of Understanding (MoU) dihadiri langsung Bupati Pasaman, Benny Utama, Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan, M. Dwi Richie, Pihak PT. Soon Hock Fish, Yusrizal Abu Bakar serta undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan, M. Dwi Richie mengatakan saat ini Kabupaten Pasaman merupakan pengeksport ikan betutu (utiang binguang) terbesar ke Negara tetangga yakni Negara Singapura.

“Tingginya tingkat eksport ikan betutu ini ke Negara Singapura dikarenakan negara tersebut membutuhkan bahan baku untuk produk kosmetik dan obat bagi orang pasca operasi,” terangnya. Dia juga mengatakan, tujuan MoU ini dilakukan untuk pengembangan pembenihan bibit ikan betutu di Pasaman dengan komoditi tujuan eksport.

Selain itu, juga untuk memberikan valie added, nilai tambah bagi pembudidaya ikan khususnya di Kabupaten Pasaman.

Sementara itu, pihak PT. Soon Hock Fish, Yusrizal Abubakar mengatakan bahwa pihaknya sengaja melakukan MoU dengan Pemkab Pasaman agar nantinya Kabupaten Pasaman dapat menjadi pusat pembibitan ikan betutu.

“Saat ini, kendala ikan betutu adalah bibit alami yang sangat terbatas sekali. Selain itu cara pembudidaya ikan betutu ini juga belum dipahami oleh masyarakat,” ungkapnya.

Pihaknya juga menjamin akan membeli ikan betutu untuk pasar lokal dengan harga yang tinggi dari harga ikan mas dan ikan nila dengan ring 40 ribu sampai 60 ribu perkilogram.

“Selain itu kita juga bakal menjamin harga pasar internasional dengan memastikan stok ikan bisa masuk ke Singapura dengan jumlah volume produksi ikan di Pasaman,” tutupnya. (Tim)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini