Padang TIME | Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang laksanakan reses menjemput aspirasi masyarakat di daerah pemilihan masing-masing dalam kegiatan reses I tahun 2023.

Reses ini adalah momen para anggota DPRD Padang untuk mendengar masukan ide aspirasi dari masyarakat di daerah dapilnya.

Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani melakukan reses masa sidang 1 tahun 2023, di Masjid Nur Aqsa, Kampung Koto Kelurahan Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo, Sabtu (21/1/2023).

Ketua Badan Musyawarah DPRD Kota Padang tersebut mengingatkan kalau separuh Kota Padang kini sudah masuk zona merah kasus narkotika. “Hal ini menjadi perhatian serius oleh Pemerintah Kota Padang, karena banyak yang menjadi korban gara-gara narkotika,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia juga menyoroti tingginya kasus asusila, yang mana anak-anak dan perempuan dominan menjadi korbannya. “Tingginya kasus asusila terhadap anak dan perempuan juga terus terjadi. Persoalan ini harus ada jalan keluarnya,” imbuhnya.

Maka dari itu, Syafrial Kani menyebutkan, bahwa akan segera membuat rancangan perda inisiatif yakni
Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Masjid Paripurna untuk menjawab persoalan tersebut.

“Semuanya merupakan masalah kita dan seluruh pihak harus berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada di Kota Padang. Baik eksekutif maupun legislatif,” sambungnya.

Selain untuk beribadah, juga untuk musyawarah dan menyelesaikan masalah-masalah yang di masyarakat.

“Saya mengajak kepada masyarakat agar kembali masjid, kita hidupkan lagi masjid. Tidak sekedar beribadah, namun juga untuk kegiatan lainnya, seperti musyawarah untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada saat ini terjadi,” ujar Datuk Rajo Jambi ini.

Dalam reses tersebut Ketua DPRD Padang juga menerima berbagai aspirasi warga Kampung Koto Kelurahan Gurun Laweh termasuk usulan pelebaran jalan hingga bantuan pemberdayaan masyarakat melalui dana pokok pikiran.

“Dalam kesempatan ini, Insya Allah akan kita bantu Masjid Nur Aqsa akan dibantu Rp 50 juta dan juga Majelis Taklim, serta Forum Anak Nagari Nanggalo, ” katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Al Ikhwan, Syaiful mengatakan angka penyalahgunaan dan yang terpapar pecandu narkoba di Kota Padang sudah sangat mengkhawatirkan.

“Sepanjang Yayasan kami berdiri lebih kurang 1000 orang yang telah kita rehab. Wilayah orang yang kecanduan meliputi Sumatra Barat dan rata-rata juga banyak dari Kota Padang,” kata Syaiful.

Syaiful menambahkan semua stakeholder harus bahu-membahu untuk masalah tingginya angka penyalahgunaan narkoba di Kota Padang. Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana menggelar reses di Kelurahan Sebarang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Padang pada Sabtu (18/1/2023).

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana menggelar reses di Kelurahan Sebarang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Padang pada Sabtu (18/1/2023).

aspirasi yang diterima nantinya akan direalisasikan melalui dana pokir.

“Untuk Kelurahan Seberang Padang, dana pokir kita salurkan, salah satunya melalui pengadaan penerangan jalan umum sebanyak 54 titik di seluruh wilayah kelurahan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam reses tersebut sekira seratusan masyarakat mengusulkan bansos untuk modal usaha dan bansos untuk bantuan pendidikan.

“Untuk penyaluran bantuan sosial melalui dana pokir tersebut, masyarakat pengusul atau yang akan menerima harus tercatat terlebih dahulu dalam data DTKS Dinas Sosial Kota Padang,” terangnya.

Untuk itu, politisi Partai Demokrat tersebut meminta kepada masyarakat agar jangan dua kali dalam mengusulkan nama untuk bansos maupun hibah, karena akan berimbas pada pembatalan pengusulan nama penerima nantinya.

“Pengusulan nama penerima hanya melalui satu orang anggota DPRD dan tidak bisa dari dua orang anggota DPRD” terang Ilham.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Arnedi Yarmen gelar reses masa persidangan I Tahun 2023 di Aula Kantor Camat Padang Utara Lolong Belanti Padang, Sabtu (21/1/2023).

Reses
dihadiri oleh ibu-ibu Majelis Taklim Kecamatan Padang Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Arnedi mengungkapkan bahwa reses merupakan masa penting, yang sejatinya secara fungsional sebagai media menjaring aspirasi masyarakat.

Arnedi Yarmen memaparkan,aspirasi  melalui reses nantinya akan diperjuangkan melalui lembaganya.

Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKS ini menyampaikan, bahwa apa yang menjadi kebutuhan masyarakat akan selalu di perjuangkan dan akan minta Pemerintah kota Padang untuk diprioritaskan.

”Intinya, kami selalu siap untuk memperjuangkan aspirasi warga,” ujar politisi Partai PKS ini.

Oleh karena itu, Arnedi Yarmen mengaku akan selalu berjuang demi kesejahteraan masyarakat Kota Padang.

Ketua Komisi IV DPRD Padang, Mastilizal Aye dalam reses di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 12 dan 18 Kampung Lapai pada Sabtu (21/1/2023).

Sebagai mitra Dinas Pendidikan Kota Padang, demi mengejar program satu shift saja di seluruh SD dan SMP se-kota Padang, pada tahun 2023, Pemko Padang akan mengebut penuntasan pembangunan Ruang Kelas Baru, yang telah tertuang dalam RPJMD Kota Padang.

“ 271 Ruang Kelas Baru akan dibangun di SD dan SMP . Ini demi mencukupkan 500 ruang kelas baru yang menjadi janji Walikota Padang dan tertuang dalam RPJMD 2019-2024.” terang Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Padang tersebut.

Dengan adanya ruang kelas baru ini,  sekolah satu shif dapat terleksana.

“Sekolah satu shift atau dari pagi hingga petang, juga akan membuka peluang sekolah lima hari saja dalam sepekan,” sebut Sekretaris DPC Partai Gerindra Padang ini.

Dalam reses ini Mastilizal Aye juga membuka peluang, bagi wali murid yang memang ingin mendapatkan bantuan sosial untuk tambahan modal berusaha, hingga bantuan hibah peralatan usaha mikro kecil dan menengah.

Tentu persyaratan HARUS dipenuhi,
diantaranya memiliki NPWP, dan juga terdaftar usahanya di Instansi Pemerintah.

Aye akan lakukan pembangunan drainase dan trotoar dengan alokasi Rp5 miliar di sepanjang Jalan Jhoni Anwar Lapai, pada 2023 ini. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini