Wagub Sumbar Serahkan Bantuan 600 Bibit Pohon Jengkol di Pasaman

0
560

PadangTIME.com- Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menyerahkan bantuan alat ekonomi produktif berupa 20 stup lebah madu Galo-Galo dan 600 bibit pohon jengkol pada Kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKM) Musus Saiyo di Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Minggu (22/1/2023).

Berdasarkan survey yang diadakan pemerintah pada 2022 lalu, Wagub Audy mengatakan kehutanan sosial sudah mulai meningkatkan pendapatan bagi masyarakat pengelola hutan.

“Masyarakat diperbolehkan mengelola hutan, asal memiliki izin dan tidak menebang pohon. Jika masyarakat mengalami kekurangan alat produksi, juga bisa meminta bantuan pemerintah daerah,” kata Wagub.

Ia juga menekankan agar hilirisasi produk hasil perhutanan sosial ini nantinya juga harus diperkuat dengan branding dan packing yang layak. Sehingga proses produksi hulu hingga ke hilir dapat melibatkan semakin banyak masyarakat setempat.

“Yang penting didukung oleh masyarakat. Kalau masyarakat, terutama niniak mamak mendukung, pemudanya bisa berdaya. Keterlibatan masyarakat bisa menyeluruh sehingga ekonomi nagari bisa berkembang,” jelasnya.

Dikatakan Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, hal ini merupakan peluang bagi masyarakat Pasaman. Melalui intervensi dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, telah banyak bantuan penguatan ekonomi di sekitar hutan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Khususnya di Kecamatan Bonjol yang merupakan kawasan wisata terpadu terintegrasi, Sabar berharap kegiatan-kegiatan perhutanan sosial dapat turut menggali potensi Bonjol sebagai destinasi wisata.

“Sebagai destinasi wisata, akan ramai nanti kunjungan ke Bonjol. Tentu butuh produk-produk pertanian yang sudah dikemas, karena dengan ramainya kunjungan ke Pasaman, otomatis Pasar akan terbuka,” ujar Sabar.

Sementara itu, Satria Budi Dt. Jalelo, Ketua Kelompok HKM Musus Saiyo menuturkan, kawasan hutan di Nagari Ganggo Hilia memiliki potensi tanaman jengkol, durian, manggis, kulit manis, pinang dan madu galo-galo. Sebelumnya, HKM Musus Saiyo juga sudah pernah mendapat bantuan pemerintah berupa 20 stup lebah madu Galo-Galo dan mesin pengupas pinang.(MC Prov Sumbar)

Dinas Kominfotik Sumbar

Gubernur Mahyeldi Tinjau Pembangunan Normalisasi Batang Tapan

Wagub Sumbar Serahkan Bantuan 600 Bibit Pohon Jengkol di Pasaman


Hadir Dalam Pembukan Festival Anak Nagari Koto Gadang, Reido Deskumar : Kita Bangga

Pemuda pemudi anak nagari Koto Gadang kembali menggelar kegiatan FESTA Koga Jilid II yang bertempat di halaman kantor Walinagari Koto Gadang, Kecamatan Tanjung Raya, Agam. (21/1/2023).

Kegiatan FESTA yang disingkat Festival Seni Tradisional Koto Gadang ini merupakan agenda tahun ke dua yang menjadi ikon seni budaya bagi nagari Kota Gadang. Pelaksanaannya di mulai 21 Januari 2023 sampai  23 Januari 2023.

Pembukaan acara FESTA Koto Gadang begitu sangat meriah. Masyarakat tumpah ruah hadir berkunjung untuk menyaksikan acara ini. Pengunjung yang berdatangan tidak hanya datang dari masyarakat Koto Gadang, tapi juga dari nagari-nagari lain.

Selain masyarakat nagari, kegiatan festival seni ini juga mendapat apresiasi dari jajaran pejabat setempat. Tampak hadir dalam FESTA II ini, Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, Camat Tanjung Raya, Polsek Tanjung Raya, Wali Nagari Koto Gadang, KAN Koto Gadang, Bamus Koto Gadang, serta tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Salah satu tamu undangan, Reido Deskumar mengatakan bahwa beliau sangat bangga dengan adanya kegiatan FESTA ini.

“Sebagai putra asli Tanjung Raya saya merasa bangga dengan adanya kegiatan FESTA ini. Bagaimana nilai-nilai seni budaya dilestarikan dengan kolaborasi anak nagari beserta semua unsur elemen masyarakat nagari,” katanya.

Reido yang saat ini tengah konsen dalam pengembangan seni budaya nagari melihat kegiatan ini perlu dipertahankan karena memiliki nilai-nilai edukasi secara langsung ke masyarakat.

“Kegiatan seperti ini sangat mahal nilainya. Maka perlu dipertahankan dan dilanjutkan agar seni budaya minangkabau tetap hidup dan melekat di hati masyarakat” tutupnya.
Gubernur Mahyeldi Tinjau Pembangunan Normalisasi Batang Tapan https://utamapost.co.id/gubernur-mahyeldi-tinjau-pembangunan-normalisasi-batang-tapan/
Hadir Dalam Pembukan Festival Anak Nagari Koto Gadang, Reido Deskumar : Kita Bangga https://utamapost.co.id/hadir-dalam-pembukan-festival-anak-nagari-koto-gadang-reido-deskumar-kita-bangga/
Wagub Sumbar Serahkan Bantuan 600 Bibit Pohon Jengkol di Pasaman https://utamapost.co.id/wagub-sumbar-serahkan-bantuan-600-bibit-pohon-jengkol-di-pasaman/

Hadir Dalam Pembukan Festival Anak Nagari Koto Gadang, Reido Deskumar : Kita Bangga


Warga Sirukam Solok Sampaikan Irigasi Rusak dan Telantarkan 800 Ha Sawah ke Gubernur Sumbar https://www.beritaminang.com/berita/19036/warga-sirukam-solok-sampaikan-irigasi-rusak-dan-telantarkan-800-ha-sawah-ke-gubernur-sumbar.html
https://www.fajarharapan.id/2023/01/resmikan-emir-hotel-convention-center.html
https://www.indomen.co.id/2023/01/resmikan-emir-hotel-convention-center.html
https://www.indomen.co.id/2023/01/gubernur-mahyeldi-tinjau-pembangunan.html
https://www.indomen.co.id/2023/01/wagub-sumbar-serahkan-bantuan-600-bibit.html
https://www.fajarharapan.id/2023/01/hadir-dalam-pembukan-festival-anak.html
Kolonel Laut Ade Prasetia Dilantik jadi Penghulu Kaum Suku Salo Situjuah Banda Dalam https://www.beritaminang.com/berita/19037/kolonel-laut-ade-prasetia-dilantik-jadi-penghulu-kaum-suku-salo-situjuah-banda-dalam.html
Gubernur Mahyeldi Tinjau Pembangunan Normalisasi Batang Tapan – https://sumbar.carapandang.com/read-news/gubernur-mahyeldi-tinjau-pembangunan-normalisasi-batang-tapan
https://www.cakrawala.co/daerah/pr-7756981970/resmikan-emir-hotel-convention-center-wagub-sumbar-pariwisata-pasaman-land-of-equator-terus-berbenah

Wagub Sumbar Resmikan Emir Hotel & Convention Center

Gubernur Sumbar Tinjau Pembangunan Normalisasi Batang Tapan

Wagub Sumbar Serahkan Bantuan Lebah Madu dan Bibit Jengkol di Pasaman

Pembukaan Festival Anak Nagari Koto Gadang Jilid II Meriah


https://sumbar.carapandang.com/read-news/resmikan-emir-hotel-convention-center-wagub-sumbar-pariwisata-pasaman-land-of-equator-terus-berbenah
https://www.bijaknews.com/2023/01/hadir-dalam-pembukan-festival-anak.html
https://www.bijaknews.com/2023/01/wagub-sumbar-serahkan-bantuan-600-bibit.html
https://www.bijaknews.com/2023/01/gubernur-mahyeldi-tinjau-pembangunan.html
https://www.bijaknews.com/2023/01/resmikan-emir-hotel-convention-center.html

Resmikan Emir Hotel & Convention Center, Wagub Sumbar: Pariwisata Pasaman Land of Equator Terus Berbenah


https://www.tanamonews.com/2023/01/hadir-dalam-pembukan-festival-anak.html
https://www.tanamonews.com/2023/01/pasaman-terima-bantuan-600-bibit-pohon.html
https://www.tanamonews.com/2023/01/pariwisata-pasaman-land-of-equator.html
https://www.tanamonews.com/2023/01/wisata-air-nabita-destinasi-wisata-baru.html
http://www.fokussumatera.com/2023/01/wagub-sumbar-serahkan-bantuan-600-bibit.html

Gubernur Sumbar Tinjau Pembangunan Normalisasi Batang Tapan


http://www.fokussumatera.com/2023/01/diresmikan-gubernur-tanggul-banjir.html
http://www.fokussumatera.com/2023/01/wagub-sumbar-resmikan-emir-hotel.html
Wagub Sumbar: Pariwisata Pasaman Land Of Equator Terus Berbenah

https://www.bentengsumbar.com/2023/01/wagub-sumbar-pariwisata-pasaman-land-of.html
https://www.figurnews.com/2023/01/hadir-dalam-pembukan-festival-anak.html
Gubernur Mahyeldi Tinjau Pembangunan Normalisasi Batang Tapan

https://www.bentengsumbar.com/2023/01/gubernur-mahyeldi-tinjau-pembangunan.html
Wagub Sumbar Serahkan Bantuan 600 Bibit Pohon Jengkol Di Pasaman

https://www.bentengsumbar.com/2023/01/wagub-sumbar-serahkan-bantuan-600-bibit.html

Gubernur Mahyeldi Respon Cepat Keluhan Masyarakat Nagari Sirukam

Resmikan Emir Hotel & Convention Center, Wagub Sumbar Beri Dukungan Pariwisata Pasaman

Gubernur Mahyeldi Tinjau Pembangunan Normalisasi Batang Tapan

Wagub Sumbar Serahkan Bantuan 20 Stup Lebah Madu Galo-Galo dan 600 Bibit Pohon Jengkol di Pasaman

Hadir Dalam Pembukan Festival Anak Nagari Koto Gadang, Reido Deskumar : Kita Bangga


Hadir Dalam Pembukan Festival Anak Nagari Koto Gadang, Reido Deskumar: Kita Bangga

https://www.bentengsumbar.com/2023/01/hadir-dalam-pembukan-festival-anak.html
Wagub Sumbar Serahkan 600 Bibit Pohon Jengkol di Pasaman https://mimbarsumbar.id/wagub-sumbar-serahkan-600-bibit-pohon-jengkol-di-pasaman/

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini