Bupati Pessel Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-94

0
1176

PadangTIME.com | Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menggelar upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 bertempat di GOR H.Ilyas Yakub Painan, Jumat (28/10).

Bertindak sebagai pembina upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 itu Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar dan dihadiri Forkopimda, kepala perangkat daerah, organisasi kemasyarakatan dan undangan lainnya. Pada upacara itu, Bupati Rusma Yul Anwar membacakan pidato tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga.

Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga itu menyebutkan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan pelajaran teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagi kita bagaimana menyikapi perbedaaan sikap  primordial, suku, agama, ras, dan klutur serta kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”.

Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. (PT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini