Besok, Upacara Sumpah Pemuda Pejabat Pemprov Sumbar Kenakan Pakaian Adat di Nusantara

0
1530
Padang TIME  – Besok, seluruh pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mengikuti upacara bendera hari Sumpah Pemuda bertepatan 28 Oktober 2023. Menariknya, peserta upacara kali ini harus mengenakan pakaian adat nusantara.
“Kita sudah sepakati untuk mengikuti upacara besok setiap peserta mengenakan pakaian adat di nusantara. Untuk ragam pakainnnya ditetapkan untuk masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD),”sebut Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setdaprov Sumbar, Mursalim, Jumat (27/10/2023).
Dikatakannya, dengan berpakaian adat nusantara tersebut untuk menunjukan semangat persatuan Indonesia yang terdiri dari berbagai suku. Semangat tersebut ditampakan pada upacara Sumpah Pemuda di halaman Kantor Gubernur Sumbar.
Diakuinya, selama ini tak banyak upacara yang diikuti dengan mengenakan pakaian adat nusantara tersebut. Pada umumnya hanya mengenakan pakaian dinas.
“Ini menariknya, semoga dengan mengenakan pakaian adat ini memperteguh rasa persatuan dan kesatuan kita sesuai pesan Sumpah Pemuda,”ujarnya.
Dalam upacara ini, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah sendiri direncanakan mengenakan pakaian Adat Minangkabau. Sementara kepala OPD mengenakan pakaian adat berbeda.
Seperti Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat akan mengenakan pakainan adat dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Asisten Perekonomian dan Pembangunan akan mengenakan pakaian adat dari Provinsi Sumatera Utara.
Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan akan mengenakan pakaian adat Provinsi Riau, Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang akan mengenakan pakaian adat dari Provinsi Papua dan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral akan mengenakan pakaian adat dari Provinsi Maluku.
“Dari 57 pejabat eselon, semuanya mengenakan pakaian adat yang berbeda dari semua provinsi yang ada di nusantara,”ujarnya.
Diketahui, Upacara Sumpah Pemuda 2023 akan digelar pada 28 Oktober 2023. Pelaksanaan upacara ini menjadi kegiatan inti dari peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023.
Khusus di Pemprov Sumbar, peserta upacara hanya diikuti oleh pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemprov Sumbar. Dimulai Pukul 07.45 WIB di Halaman Kantor Gubernur.(adpsb/busan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini