Asesor BAN-PT Asessmen Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

0
9350
Padang TIME | Akreditasi merupakan proses evaluasi yang dilakukan oleh lembaga independen yang bertujuan untuk menentukan tingkat kualitas dan keunggulan suatu Program Studi hingga perguruan tinggi. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan salah satu Lembaga yang bertugas dalam hal tersebut.
Program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam yang bernaung di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang mengikuti asessmen lapangan secara daring dengan dua orang asesor BAN PT Prof. Dr. Nurdin Laugu, S.Ag., SS., MA., guru besar Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan Dr. Agus Rusmana, M.A., dosen progam studi perpustakaan dan sains informasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.
Asesmen lapangan yang diselenggarakan pada 23 s.d 24 Juni 2023 ini dibuka langsung oleh Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd. Dalam sambutannya Rektor UIN Imam Bonjol Padang mengapresiasi kerja seluruh tim, dan menyampaikan perkembangan pesat Progam Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam yang dilihat dari peningkatan animo calon mahasiswa yang terus meningkat, dan jumlah mahasiswa yang bertambah setiap tahunnya. Disamping itu, perkembangan kompetensi dan rekognisi dosen juga meningkat sesuai dengan peta jalan dan renstra fakultas.
“Transformasi masyarakat informasi (information society) menjadi knowledge society di tenggah era super smart society 5.0 pada hari ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam hadir ditengah masyarakat dengan membekali mahasiswa dengan kompetensi kesilaman dan kompetensi sains dan teknologi” jelas Rektor UIN Imam Bonjol Padang.
Tampak hadir dalam kegiatan asesmen lapangan tersebut pimpinan universitas Wakil Rektor I, Wakil Rektor III, Kepala Biro, Ketua dan Sekretaris Lembaga Penjamin Mutu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat, Kepala UPT. Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang, Kepala UPT. TIPD. “Seluruh stakeholder terlibat dalam upaya peningkatan akreditasi, ini merupakan komitmen bersama dalam mendorong lahirnya program studi unggul”, aksentuasi Prof. Martin dalam pembukaan.
Demikian juga halnya pada tingkat fakultas hadir seluruh pimpinan Fakultas Adab dan Humaniora, Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, dan Wakil Dekan III, seluruh Ketua Program Studi, Kepala Bagian Tata Usaha, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, dan Stakeholder yang terkait lainnya.
Lembaga penjamun mutu UIN Imam Bonjol Padang secara intensif melakukan pendampingan dan koordinasi dengan fakultas dan program studi dibawah pimpinan Dr. Zulheldi mulai dari pengisian instrumen LED, dan LKPS. Sejalan dengan tugasnya LPM memastikan bahwa pelaksanaan asesmen lapangan berjalan dengan baik, untuk mewujudkan pendidikan yang berkulitas sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi (SN-DIKTI).
Segenap pimpinan universitas dan fakultas berharap progam studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam memperoleh hasil terbaik, karena merupakan salah satu program studi dengan peminat terbanyak dan menjadi prodi favorit dalam berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru. (p)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini