Agar Kualitas Pendidikan Meningkat, Guru Diminta Tingkatkan Kompetensi

0
988
Padang TIME | Kepada tenaga pendidik atau guru diminta supaya meningkatkan kompetensinya dalam  Proses Belajar Mengajar di kelas.
Hal itu bertujuan agar kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar (SD) dan menengah semakin lebih baik lagi dan juga memiliki daya saing.
Gagasan  itu disampaikan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Salim Muhaimin, Selasa (14/2), dan juga berharap agar tenaga pendidik mampu membaca bakat siswanya supaya tidak salah nantinya ketika memilih jurusan saat kuliah.
“Agar kualitas pendidikan tetap meningkat, maka kepada tenaga pendidik atau guru diminta supaya meningkatkan kompetensinya dalam melaksanakan PBM di sekolah. Selain itu, kemampuan guru membaca bakat siswa juga perlu ada agar siswa lebih terarah dan tidak salah nantinya memilih jurusan atau fakultas setelah mereka tamat nanti,” ujarnya.
Dia menjelaskan bahwa kedepan peningkatan kualitas guru akan tetap dijadikan sebagai skala prioritas.
“Sebab dengan memiliki guru berkualitas itu, maka proses transfer ilmu di depan kelas kepada anak didik akan berlangsung dengan baik dan juga menyenangkan,” jelasnya.
Hal itu dikatakannya, sebab guru di daerah itu juga mendapatkan pelatihan tentang metode pembelajaran yang berkualitas dengan proses belajar yang menyenangkan bagi siswa.
Seperti halnya matematika selama ini pandangan siswa terhadap matematika adalah pelajaran sulit,
dan gimana caranya kita ubah mindset siswa terhadap matematika tersebut .
Kemudian diajarkan juga tentang  membuka materi dengan menyenangkan, menyampaikan materi inti dengan mengasikkan dan bagaimana menutup materi dengan mengesankan.
“Ini saya sampaikan karena inti dari sebuah proses belajar mengajar adalah transfer ilmu. Tujuan akhirnya, ilmu yang ditransfer oleh guru bisa diterima dengan baik oleh anak didik,” ucapnya.
Ditambahkan lagi bahwa kemampuan guru menciptakan ruang belajar yang efektif, akan menentukan sejauh mana pelajaran bisa diserap murid dengan baik. Secara garis besar nilai-nilai yang diajarkan adalah fun, easy, Inspiring dan spirituality.
Seperti  diketahui, pendidikan sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa dan pondasi kuat di tengah sengitnya persaingan regional dan global.
“Disisi lain, pendidikan harus dilihat secara holistik. Mulai dari ketersediaan bangunan sekolah, sarana serta perlengkapan pendukung proses belajar mengajar lainnya, yang tentunya sesuai dengan tingkatan sekolah,” tutup Salim. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini