Wabup Launching GENIUS Di Padang Pariaman

0
1497
Padang TIME | Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu dari 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menjadi lokasi pelaksanaan Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (Genius). Kegiatan ini merupakan kolaborasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman.
Diketahui, pelaksanaan Launching Genius dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Sementara untuk Kabupaten Padang Pariaman, launching dipusatkan di SDN 02 2×11 Enam Lingkung pada Senin, (16/10).
“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Pusat melalui Badan Pangan Nasional tahun 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia, diantaranya anak sekolah dasar yang akan memasuki usia produktif di tahun 2045,” ungkap Wabup Rahmang saat melaunching kegiatan tersebut.
Ia menambahkan, semoga dengan adanya launching Genius ini bisa menjadi wadah dalam pencegahan stunting dan siswa dapat memahami akan kebutuhan gizi sehingga dapat memperbaiki pola hidupnya.
“Karena siswa yang sehat adalah siswa yang fisiknya kuat dan bergizi seimbang. Dengan demikian kita dapat menciptakan generasi yang unggul dan handal, yang nantinya akan melanjutkan estafet kepemimpinan,” harapnya.
Disamping itu, Ketua TP-PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur turut menyampaikan dukungannya terkait pelaksanaan kegiatan Genius ini. Menurutnya, tingkat kecerdasan ditentukan oleh apa yang dikonsumsi. Dengan demikian ia berharap, anak-anak usia sekolah dapat mengkonsumsi makanan sesuai dengan standar kebutuhan gizi seimbang.
“Makanan bergizi seimbang bukanlah makanan yang banyak. Melainkan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi. Untuk itu mari stop boros pangan, dan mulai menerapkan kebiasaan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang,” ajaknya.
Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman Yusrisman menyebutkan, sebanyak 481 siswa sekolah dasar di Padang Pariaman penerima manfaat kegiatan Genius ini, yang terdiri dari 3 sekolah dasar, yaitu 227 siswa SDN 09 Patamuan, dan 163 Siswa SDN 03 Lubuk Alung, dan 110 siswa SDN 02 2×11 Enam Lingkung.
“Pemberian kudapan bergizi ini akan dilakukan sebanyak 20 kali pemberian dengan 10 menu yang berbeda. Selain itu, juga akan diberikan edukasi tentang pangan bergizi oleh tim dari Asosiasi Institusi Pendidikan Gizi Indonesia (AIPGI) dan tim Dinkes Padang Pariaman,” ungkapnya.
Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Anwar, dan Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Armedes, serta Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini