Universitas Negeri Padang (UNP) kembali  buka tiga program studi baru untuk  mahasiswa baru mulai semester Juli-Desember 2023. Prodi ketiga tersebut adalah Prodi S1 ​​Bisnis Digital (Fakultas Ekonomi), S1 Teknik Elektronika (Fakultas Teknik) dan S2 Pariwisata (Fakultas Pariwisata dan Perhotelan).
Kebijakan pembukaan Prodi baru tersebut sesuai dengan mekanisme pembukaan Prodi baru di lingkungan PTNBH UNP dengan tetap memperoleh akreditasi minimal dari BAN PT. 
Sebelumnya UNP juga sudah membuka Prodi S1 ​​Ilmu Hukum dan Imu Komunikasi (Fakultas Ilmu Sosial), S1 Teknik Geologi (Fakultas Teknik), S1 Pariwisata (Fakultas Pariwisata dan Perhotelan), S2 Pendidikan Non Formal, S2 Pendidikan Khusus dan S3 Pendidikan Dasar (Fakultas Ilmu Pendidikan).

Kesemua Prodi baru di jenjang S1 tersebut ada yang sudah bisa dipilih calon mahasiswa pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023 ini. 

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dalam diskusinya dengan pimpinan UNP mengatakan “UNP dalam empat tahun terakhir menerima mahasiswa dalam kisaran 11 ribu mahasiswa baru, penambahan penerimaan mahasiswa hanya sejalan dengan daya tampung Prodi dengan memperhatikan rasio dosen dengan mahasiswa, sesuai ketentuan regulasi mengapa UNP banyak menerima mahasiswa, ya karena prodinya juga banyak, saat ini kita memiliki 137 prodi mulai jenjang D III sampai S3, untuk S1 ada sebanyak 84 prodi. 
Selain itu 30% mahasiswa UNP tiap tahun berasal dari luar Provinsi Sumatera Barat. Alhamdulillah mahasiswa UNP berasal dari 24 Provinsi di Indonesia, tegas Rektor UNP yang juga Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).

Selanjutnya untuk pembukaan Prodi S1 ​​Kedokteran sedang dalam proses dan tinggal satu tahap lagi penilaian akreditasi minimal dari LAM PTKes.  (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini