Student Mobility dan Visiting Researchers

0
827

PadangTIME.com | Sehubungan dengan program Merdeka Belajar dari Kemendikbud Indonesia dan upaya Universitas Negeri Padang (UNP) menjadi word class university, dosen Jurusan Kimia Umar Kalmar Nizar M.Si., Ph.D, turut berpartisipasi dengan membawa 7 orang mahasiswa untuk mengikuti program student mobility melalui short course study.

Tempat yang dituju adalah Laboratorium PutraCat, Universiti Putra Malaysia.

Mahasiswa yang berangkat adalah mahasiswa Program Studi Kimia angkatan 2019 yaitu Muhammad Farhan, Aqil Marsya Sidiq, Suci Yulia Rizki, Siti Sarah Istiqamah, Fathaniah Rafika, Riana Novela, Joya Sabrina.

Bersama rombongan ini juga terut serta asisten dosen Niza Lian Pernadi S,Si., dan PLP Laboratorium Biokimia Silvi Veronita, S.Si., M.Si sebagai visiting researchers. Khusus mahasiswa, disponsori oleh International Officer (Tiket), Hibah Penelitian Dosen dan pribadi sedangkan untuk dosen dan PLP serta asisten disponsori dari Hibah Penelitian dosen.

Rombongan berangkat tanggal 1 November 2022 dan setibanya disana langsung disambut dengan hangat oleh Prof. Taufiq Yap Yun Hin beserta staf dan mahasiswanya. Pada hari itu juga ditutup dengan undangan makam malam oleh Prof. Taufiq Yap Yun Hin yang dihadiri oleh keluarga beliau beserta semua staf dan mahasiswanya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skill mahasiswa, asisten dan PLP dalam penggunaan beberapa instrument berat yang digunakan dalam penelitian bidang material dan energy serta memahami interpretasi data yang dihasilkan. Instrumen-instrumen ini terdapat dalam Laboratorium PutraCat, Universiti Putra Malaysia yang dipimpin oleh Prof. Datuk Taufiq Yap Yun Hin. Banyak artikel yang telah di publikasikan pada jurnal Q1 dari laboratorium ini.

Instrumen yang digunakan adalah TPD-CO2 untuk penentuan situs basa, N2 adsorpsion (BET) untuk penentuan luas permukaan, pori dan tipe adsorpsi. Selanjut ada furnace dengan aliran N2 untuk proses kalsinasi pada kondisi inert, XRD untuk penentuan kristalinitas dan Gas kromatografi

Pelatihan instrument ini dipandu oleh mahasiswa dan staf dari Prof. Datuk Taufiq Yap Yun Hin. Untuk TPD CO2 dilatih oleh Aldogachi Ali Faris Abdulridha (Mahasiswa Master dari Iraq), XRD dan Furnace dipandu oleh Ainil Hafiza binti Abdul Aziz dan Nor Aimie Aida Binti Che Nordin (Mahasiswa Master dari Malaysia).

Gas Kromatografi dipandu oleh Nur Athirah binti Adzahar dan Siti Fadhilah binti Ibrahim (Mahasiswa Ph.D dari Malaysia) serta BET dipandu oleh sSurahim bin Mohamad@Mahmud (staf Prof Datuk Taufiq Yap Yun Hin).

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 1 hingga 8 November. Selama kegiatan berlangsung, tim dari UNP dibekali dengan materi singkat tentang instrument yang dipelajari, cara menggunakan instrumen dan praktek langsung menggunakan instrument tersebut dengan sampel yang telah disiapkan dari Indonesia.

Selanjutnya juga didiskusikan cara menginterpretasikan data yang diperoleh sehingga peserta dapat mengetahui secara komprehensif tentang instrumen-instrumen yang dipelajari tersebut.

Teknik pelaksanaan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing instruktur kemudian di rolling sehingga semua mendapatkan kesempatan yang sama.

Pada saat kegiatan, peserta diizinkan membuat rekaman video sehingga dapat diulang lagi untuk dipelajari. Pada sesi akhir kegiatan, peserta diberi tugas review oleh Prof Taufiq Yap Yun Hin dan diberikan sertifikat.  (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini