PVL On The Spot, Ombudsman RI Perwakilan Sumbar Buka Stand di Pantai Gandoriah

0
880

PadangTIME.com – Memperkenalkan inovasi penerimaan dan verivikasi laporan (PVL) serta mendorong kkses masyarakat terhadap pelaporan, Ombudsman Republik Indonesia (RI) perwakilan Sumatera Barat membuka stand di Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Sabtu (12/11).

Wali Kota Pariaman Genius Umar saat meninjau stand tersebut memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pihak Ombudsman karena telah memperkanalkan PVL dan membuka stand di Kota Pariaman.

“Inovasi ini sangat luar biasa, apabila selama ini masyarakat Kota Pariaman masih ada yang belum faham dengan Ombudsman dan laporan, nantinya bisa memahami dan memberikan laporan apabila menemui permasalahan. Memberikan pelayanan yang sangat baik terhadap publik adalah hal sangat penting dalam suatu pemerintahan. Apalagi Kota Pariaman sebagai salah satu tujuan wisata, dengan pelayanan yang sangat baik tentu akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan. Kunjungan meningkat, sektor ekonomi masyarakatpun akan bertambah baik, “ ungkapnya.

Pemerintah Kota Pariaman dalam hal meningkatkan pelayanan publik, telah membangun Mal Pelayanan Publilk dimana dengan hadirnya mal ini akan memberi kemudahan, kecepatan , keterjangkauan kemanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

“Hakikat dari pemerintahan adalah melayani bukan dilayani. Bekerja sepenuh hati guna menyejahterakan masyarakat. Memenuhi kebutuhan publik, baik dari aspek pelayanan administratif berupa dokumen, persuratan atau perizinan. Jasa publik dalam bentuk pendidikan dan kesehatan. Ini adalah bagian terpenting agar suatu daerah tersebut bisa maju dan berkembang, “ tambahnya.

Sementara itu Kepala Keasisten Bidang penerimaan dan verifikasi laporan Ombudsman RI Perwakilan Sumbar Rendra Catur Putra mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat untuk berkonsultasi dan menyampaikan pengaduan, terhadap maladministrasi yang terjadi dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

“Kegiatan PVL On The Spot merupakan salah satu inovasi yang kita buat agar masyarkat lebih paham dan mengerti apa itu Ombudsman dan seperti apa Ombudsman bekerja. Kegiatan ini sekaligus jemput bola pelaporan dari masyarakat setempat. Pada kesempatan ini, kita juga diberikan kesempatan melakukan sosialisasi terhadap pengunjung Pantai Gandoriah Kota Pariaman, “ ungkapnya.

Ombudsman adalah Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara Negara dan pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Miliki Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan Badan Hukum milik Negara serta Badan Swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja Negara dan/atau anggran pendapatan dan belanja daerah.

“Ombudsman merupakan Lembaga Negara yang bersifat mandiri dan tidak memiliki hubungan organik dengan Lembaga Negara dan instansi pemerintahan lainnya, serta dalam menjalankan tugas dan wewenangnya bebas dari campur tangan kekuasaan lainnya. Kegiatan PVL On The Spot rutin kami laksanakan dengan tujuan diseminasi terkait tugas, fungsi dan wewenang Ombudsman RI dan menjemput bola menerima konsultasi dan pengaduan secara langsung dari masyarakat di lokasi penyelenggaraan pelayanan publik, “ terangnya.

“Kegiatan ini kita adakan satu hari penuh. Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat lebih memahami dan tidak kebingungan lagi ingin menyampaikan laporan terkait pembangunan daerah. Pada kesempatan yang sama, kita mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pariaman yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar, “ tutupnya.

Pada kegiatan PVL On The Spot oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumbar hadir juga Sekdako Pariaman Yota Balad, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pariaman Ady Junaidi beserta jajaran, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Kota Pariaman Noviardi.(dewi lestari/ PT)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini