SMKN 1 Painan Raih Juara 1 Lomba Lagu Panggilan Jihad

0
505
Padang TIME | Lomba lagu panggilan jihad Karya Buya Hamka tingkat Sumatera Barat  pada Minggu (12/3) di Auditorium Gubernuran Sumbar di Padang, menghantarkan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Painan sebagai juara 1.
Atas prestasi itu sehingga SMKN 1 Painan, bukan saja mengharumkan nama sekolah, tapi juga Kabupaten Pesisir Selatan secara umumnya.
Hal itu disampaikan Kepala SMKN 1 Painan, Syamsul Mardan, kepada media online ini Senin (13/3).
Prestasi yang di raih itu merupakan buah manis dari usaha yang di lakukan melalui latihan maksimal yang di lakukan oleh grup vokal siswa/siswi SMKN 1 Painan.
“Sebab dari upaya dan latihan maksimal itu, grup vokal siswa/siswi SMKN 1 Painan berhasil menyisihkan 12 group lainnya dari SMK/SMA se Sumbar yang mengikuti final di Auditorium Gubernuran Sumbar tersebut. Sebagai kepala sekolah saya mengucapkan selamat, dan juga merasa bangga atas prestasi yang mereka raih ini. Sebab mereka berhasil mengharumkan nama Pesisir Selatan, dan SMKN 1 Painan khususnya,” kata Syamsul.
12 grup vokal yang tampil pada final lomba lagu panggilan jihad itu merupakan hasil seleksi dari 112 grup vokal SMK/SMA se Sumbar.
“Mereka itu terpilih ikut final setelah sebelumnya tampil melalui seleksi yang ketat. Ratusan grup tersebut tampil di Channel Youtube HRS Way. Dari ratusan itu, ADA 10 group masuk dalam tahap final, dan di tambah 2 grup yang mendapatkan Wild Card. Dua grup yang mendapatkan Wild Card ini berdasarkan penilaian dari dewan juri profesional,” terangnya.
Dia menambahkan bahwa berkat prestasi juara 1 itu, SMKN 1 Painan mendapatkan hadiah istimewa berupa 1 unit mobil bus sekolah untuk operasional.
“Selain mobil bus untuk sekolah, kita juga mendapatkan bonus tambahan uang pembinaan dari Haji Rahmat Saleh (HRS), dari anggota DPRD Sumbar. Melalui prestasi ini, sehingga di bulan Maret 2023 ini SMKN 1 Painan telah mendapatkan dua prestasi. Di antaranya the winner duta genre putri Pesisir Selatan, dan juara 1 lomba cover lagu jihad karangan Buya Hamka ini,” jelasnya.
Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan   Wilayah VII Sumbar, Muslim Arif, ketika di hubungi kemarin (13/3) menjelaskan bahwa pihaknya memang terus memberikan dorongan kepada semua sekolah di daerah itu agar terus berupaya meningkatkan berbagai prestasi, baik secara akademik maupun melalui kegiatan ekstrakurikuler lainnya.
“Saya berharap semua sekolah SMK/SMA baik negeri maupun swasta bisa terus berkompetisi untuk meraih berbagai penghargaan, baik di tingkat provinsi, maupun nasional dan internasional. Dari itu saya memberikan apresiasi kepada SMKN 1 Painan atau prestasi yang di raih itu,” jelasnya.
Selain SMKN 1 Painan, pada lomba lagu panggilan jihad karya Buya Hamka tingkat SMA/SMK Se Sumatera Barat itu,  SMAN 1 Painan juga berhasil berada pada posisi ke dua atau runner-up. Sedangkan di urutan ketiga di raih pula oleh SMAN 14 Padang.
“Saya juga berharap lomba ini bisa membangkitkan kembali semangat juang Buya Hamka. Sebagaimana di sampaikan Gubernur Sumbar, Mahyeldi, saat menghadiri pembukaan final lomba lagu panggilan jihad Karya Buya Hamka ini,” timpalnya. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini