Kota Pariaman Studi Tiru ke Pemkot Depok terkait Peningkatan Kapasitas Pelayanan Publik

0
535

PadangTIME.com –  Sebagai bentuk upaya Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kota Pariaman, Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman melakukan studi tiru ke Pemerintah Daerah dengan prestasi terbaik ditingkat Nasional.

Daerah yang dimaksud ialah Pemko Depok, dimana Depok merupakan peringkat 2 Nasional Penilaian Kepatuhan oleh Ombudsman RI. Kemudian, Pemko Bandung, dimana Kota Bandung peraih Pelayanan Prima Dinas DPMPTSP dan Disdukcapil pada Penilaian Kinerja Pelayanan Publik oleh Kemenpan RB RI.

Kunjungan rombongan Wawako Mardison bersama perangkat daerah yang telah berhasil meraih predikat Kapatuhan Tinggi (Zona Hijau) ke Kota Depok ini disambut hangat oleh Asisten III Setdako Depok, Ibu Nina Suzana beserta jajarannya di Kantor Balaikota Depok, Provinsi Jawa Barat, Senin (13/3/2023).

Adapun rombongan yang mendampingi Wawako Mardison ialah, Ketua GOW Kota Pariaman, Ibu Indriati Mardison, Kabag Organisasi, Lia Lestari, Kadis Dukcapil, Adi Junaidi, Sekretaris Dinas PMPTSP Naker, Anilta, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Hertati Taher, Kepala Puskesmas Kurai Taji, dr Hendri Putra, Kepala Puskesmas Pariaman, Doni Paslah.

“Kota Pariaman merupakan salah satu dari 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang dievaluasi oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB terkait Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2022 dengan dua lokus yaitu Dinas PMPTSP Naker dengan nilai 4,51 dengan predikat A dan Dinas Dukcapil dengan nilai 4,29 predikat A- ,” ujar Mardison.

Selain itu, Pemko Pariaman juga berhasil memperoleh Predikat Kepatuhan Tinggi (Zona Hijau) sesuai hasil Penilaian Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik oleh Ombudsman RI tahun 2022 dengan lokus enam Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPPP) diantaranya ialah Dinas PMPTSP Naker dengan zona hijau, Dinas Dukcapil dengan zona hijau, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga zona hijau, Dinas Sosial zona kuning, Puskesmas Kurai Taji zona hijau, dan Puskesmas Pariaman zona hijau.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Asisten III Setdako Depok, Ibu Nina Suzana beserta jajarannya yang telah menyambut hangat kedatangan kami di Kota Depok ini. Besar harapan kami, studi tiru ini dapat menjadi motivasi bagi kami di Pemko Pariaman, sehingga apa yang didapatkan disini dapat diaplikasikan langsung dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kepada masyarakat Kota Pariaman kedepannya ,” tukasnya mengakhiri.

Diketahui, Kota Depok mendapat predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik tahun 2022 (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) dengan nilai 94,74. Dengan nilai tersebut Kota Depok menjadi terbaik kedua dalam pelayanan publik secara nasional.(Erwin)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini