Setelah Diterima dari KLHK RI, Piala Adipura Diarak ke Painan

0
1166

Pesisir Selatan – Piala Adipura diarak ke Painan bersama pasukan kuning
dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (6/3).

Sebelumnya, piala Adipura Kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI  itu, diterima oleh Bupati diwakili Sekdakab, Mawardi Roska di Auditorium Dr.Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK RI, Jakarta, Selasa (5/3).

Kemudian sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), piala Adipura disambut dan diarak menuju Painan dengan iringan kendaraan pasukan kuning dan perangkat daerah.

Di sapanjang jalan menunju Painan, piala Adipura itu mendapat sambutan hangat dari masyarakat.  

Sekdakab Pesisir Selatan, Mawardi Roska mengatakan, piala Adipura merupakan sebuah keberhasilan dari pemerintah daerah dan komponen yang ada dalam kebersihan serta pengelolaan perkotaan, lingkungan, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah, ekonomi hijau, dan fungsi ekologis untuk mencapai kota berkelanjutan.

“Sebagaimana yang disampaikan Wapres Ma’ruf Amin ketika penganugerahan Adipura di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, maka Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus berusaha melakukan pengelolaan sampah yang terkoordinir dari hulu ke hilir. Pemerintah daerah juga mengoperasikan TPA (Tempat Pembuangan Akhir), mendorong pencapaian RTH (Ruang Terbuka Hijau) dan lainnya,” ucapnya.

Pada acara itu Wapres, Ma’ruf Amin juga mengatakan bahwa program Adipura di Indonesia akan terus disempurnakan.

Esensi Adipura diharapkan tetap terjaga. Pemerintah daerah serta masyarakat secara luas sangat diharapkan peranannya untuk kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah secara maksimal.

Lebih lanjut Mawardi Roska mengatakan, pengelolaan sampah menjadi perhatian pemerintah daerah. Pengurangan sampah, dan penanganan sampah terus dilakukan. Dalam hal ini, pemerintah daerah juga melakukan pengelolaan sampah secara terpadu dari hulu ke hilir. 

“Pencapaian penghargaan Adipura ini merupakan keberhasilan bersama pemerintah daerah beserta jajaran dan masyarakat luas. Ke depan, mari kita pertahankan prestasi ini dan berusaha meningkatkannya. Kita juga mengimbau semua pihak agar terus menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah secara maksimal,” pintanya.  (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini