Sendratasik UNP Gelar Workshop Serta Pagelaran Seni Tiga Perguruan Tinggi di Malaysia

0
843
Padang TIME | Sebanyak 48 Mahasiswa Program Studi  Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) dan Prodi Pendidikan Tari, Departemen Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar workshop, kuliah bersama, pagelaran bersama dengan sejumlah perguruan tinggi di Malaysia.
Kegiatan yang merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini berlangsung dari tanggal 6-13 November di Universiti Malaya (UM), Universiti Teknologi Mara (iTM), dan Akademi Seni Budaya Warisan kebangsaan (Aswara) dengan didampingi tiga dosen pembimbing yaitu Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D., Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum., dan Herlinda Mansyur, M.Sn.
Pimpinan rombongan dari Prodi Sendratasik, Prof. Indrayuda, M.Pd, Ph.D sebagaimana yang Humas UNP kutip dari Khazminang.id, Jumat (17/11/2023) mengatakan selain kerjasama pertunjukan, juga dilakukan workshop dan pagelaran karya kolaborasi karya antara mahasiswa Prodi Sendratasik dengan mahasiswa pada tiga perguruan tinggi di Malaysia.
“Pada (7/11/2023) dilakukan pagelaran karya mahasiswa Prodi Sendratasik di Universiti Malaya, bertempat di Akademi Pengajian Melayu. Selanjutnya pada (8/11/2023) di Universiti Teknologi Mara (UiTM) dilakukan workshop tentang randai dan dan pagelaran,” jelasnya.
“Di UiTM pada pagi hari kita mengdakan workshop tari dan randai dan pada siang harinya dilakukan pagelaran bersama randai,” ujar Indrayuda.
Dalam kesempatan tersebut rombongan Prodi Sendtarasik disambut langsung oleh Dekan Akademi Pengajian Melayu Universiti Malaya Prof. Madya Dr. Sabzali Musa Kahn.
Adapun karya yang ditampilkan di Akademi Pengajian Melayu tersebut adalah Tari Dulang.Tari Indang, Tari Piring Dariang Badarai, dan Komposisi Tari Basamo Mangko Tajadi dengan koreografer Dendi Chairi.
Pemateri pada workshop tersebut adalah adalah dosen dan dibantu mahasiswa sebagai asisten, pada worksho tersebut yang menjadi pemateri adalah Herlinda Mansyur, M.Sn. Sementara untuk kolaborasi karya dibimbing oleh Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph,d., dan dosen UiTM Dr. Zizi Zulkifli. 
Sedangkan di Aswara pada (9/11/2023) dilakukan pagelaran karya randai oleh masing masing lembaga,  yakni randai dengan judul Kian Antah Kamari Bedo dari Prodi Sendratasik dan randai dengan judul Fregmen Gerak si Ujang dari Aswara. Selain itu juga dilakukan diskusi dan bedah karya dengan pembicara Prof. Indrayudada dan Herlinda Mansyur, M.Sn., En. Mohd. Adika Zainal Timbalan Dekan Asasi Aswara dan En. Ramzi Ramli Pegawai Kebudayaan Univesiti Malaya.
Dalam kegiatan tersebut juga digagas Memorandum of Understanding (MoU) antara ketiga perguruan tinggi di Malaysia tersebut dengan Prodi Sendratasik dan Prodi Pendidikan Tari FBS UNP.
“Innsya Allah dalam waktu dekat MoU tersebut akan terwujud,” ujar Herlinda Mansyur, dosen koreografi Prodi Sendratasik yang juga Kordinator Prodi Pendidikan Tari FBS UNP. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini